Strategi buka bengkel untuk pemula

Rekan-rekan... sesi berbagi kali ini merupakan pengalaman pribadi yang dirasakan sendiri dalam menjalankan usaha bengkel dan pengecatan sepeda motor. Keterbatasan sarana dan prasarana menjadi momok yang membuat bengkel sedikit kewalahan menghadapi persaingan, tapi tidak kehabisan akal... strategi sederhana yang berkenaan dengan jam buka bengkel dirasa bisa mendapatkan sedikit celah untuk kebagian rejeki dan cocok untuk pemula yang baru menjalankan usaha bengkel.

Meski pengalaman dibidang usaha bengkel sepeda motor sudah mencicipi asam garam selama 12 tahun lebih, namun lebih menonjol dibidang pengecatan dan airbrush motor membuat keahlian dibidang mesin menjadi tertutupi dan kurang dikenal oleh konsumen. Hanya segelintir rekan-rekan dekat yang tahu dan mempercayakan motor kesayangan nya untuk servis dan bongkar mesin.


Dampaknya terasa pada saat bengkel cat Hayyu Motor yang biasanya buka dirumah saja, harus memilih untuk berkolaborasi dengan toko onderdil milik rekan yang kebetulan tidak memiliki mekanik sehingga bengkel pun dicangkokkan untuk mencapai tujuan yang sama dan keuntungan bersama.

Lantaran lebih dikenal sebagai airbrusher alias tukang cat, pelanggan yang merujuk motor untuk servis rutin dan bongkar mesin masih sedikit dan berkembang dengan pelan. Yap, tentu saja membuat otak harus berpikir untuk menerapkan sebuah strategi sederhana yang sejatinya mirip dengan prinsip kerja modifikasi kem yaitu membuka lebih cepat dan menutup lebih lambat. Tujuannya tidak lebih untuk menjaring lebih banyak konsumen dan mempercepat akselerasi bengkel agar bisa lebih cepat dikenal konsumen.

Alhasil sedikit peningkatan pun didapatkan, bengkel secara perlahan semakin dikenal lantaran sudah buka pagi hari dan baru ditutup setelah larut malam. Otomatis pada saat bengkel lain sudah tutup, kita masih ada untuk memberikan jasa dan pelayan apa bila ada yang membutuhkan.

Tapi bukan berarti tidak ada kekurangan dengan strategi yang diterapkan, lantaran hanya bekerja sendiri maka stamina gampang terkuras alias daya tahan kurang, apabila diterapkan untuk jangka panjang. Disamping itu waktu untuk keluarga dan istirahat menjadi minim, namun pengorbanan setimpal dengan hasil yang diharapkan.

Nah, jika diaplikasikan pada motor... akselerasi cepat tapi daya tahan kurang mumpuni untuk trek jauh... rawan  ngejim. Ujung-ujungnya bengkel kadang tutup lantaran terkapar setelah beberapa hari berturut-turut geber buka bengkel dengan strategi seperti ini, hehe... tapi untuk yang masih bujangan dijamin ampuh karena dari pengalaman saat masih muda dan pemula, buka usaha bengkel saat belum berkeluarga, aksi gila-gilaan menjadi trik andalan dimana bengkel buka 24 jam dan jadi base camp untuk berkumpul. Palingan tutupnya saat lebaran atau momen malam tahun baru dimana rekan-rekan sibuk dengan agenda masing-masing. Trus... malam tahun baru nanti kemana?