Airbrush casing handphone, ketularan motif tromol Yamaha Vixion

Rekan-rekan... masih berhubungan dengan aktivitas bengkel beberapa hari yang lalu, akhirnya membuat rekan yang menonton proses pengerjaan airbrush tromol Yamaha Vixion dengan motif bercak-bercak... ketularan untuk melakukan sendiri proses airbrush pada casing handphone nya. Proses dan tahap pengerjaan yang mudah menjadi alasan utama mereka untuk melakukannya sendiri.

Pengecatan pada casing hp yang dilakukan dengan teknik sederhana dan mudah, sejatinya tidak tergolong airbrush. Lho... kok begitu? ya, karena penbrush hanya digunakan pada saat pengecatan awal untuk warna dasar dan tahap melapisi clear coat. Sementara untuk membuat motif bercak-bercak yang diinginkan, beberapa rekan yang turut melakoni airbrush casing handphone nya malah menggunakan lidi sebagai alat bantu lantaran tidak ada obeng lagi. Mau tahu caranya...?


Proses pengerjaan dimulai dengan menutup bagian yang tidak akan dicat, lagi-lagi isolasi kertas memainkan perannya. Intinya... cegah bagian yang tidak boleh kena cat seperti tombol dan layar handphone dari pada repot membersihkan nantinya. Tapi untuk casing yang mudah dibuka, sebaiknya dipreteli saja saat pengecatan.

Tahap awal casing dilapisi dengan cat putih dengan menggunakan penbrush agar hasil pengecatan bisa tipis, karena jika terlalu tebal... cat akan rawan rontok nantinya. Dan penggunaan opoxy filler bisa diabaikan lantaran ingin simple dalam pengerjaan.

Selang beberapa menit, lapisan cat orange metalik diberikan sebagai basic yang diinginkan. Setelah kering, penambahan motif bercak-bercak dilakukan dengan bantuan obeng mau mau pun lidi. Setelah selesai memberi motif, tahap akhir diberikan lapisan clear coat untuk mendapatkan kilap cat yang lebih baik dan sekaligus anti gores. Setidaknya lapisan clear coat cukup membantu untuk membuat motif tahan lebih lama dibandingkan tidak dilapisi.

Mudahnya proses pengerjaan membuat beberapa rekan lain yang hadir di bengkel, segera melepas casing handphone dan melakoni pengecatan nya sendiri sesuai dengan selera masing-masing. Sedikit catatan... sebaiknya tahap pelapisan clear coat dilakukan setelah cat benar-benar kering sempurna. Bagi yang kurang sabaran... motif nya jadi mengambang dan kurang apik, hehe... :)