Cara Airbrush CVT Yamaha Mio Sporty

Rekan-rekan... melanjutkan pengecatan terhadap orderan Yamaha Mio Sporty sebelumnya, cara airbrush CVT paling mudah dan simple diterapkan guna menghemat waktu dengan motif bercak-bercak seperti terdahulu. Alhasil, bak CVT yang sudah dilepas oleh si empunya motor langsung diamplas untuk persiapan pengecatan. Lantaran hanya mengerjakan beberapa item kecil, proses pengecatan bisa dilakukan dengan santai dan sempat diabadikan lewat video.


Untuk mempersingkat waktu pengecatan, beberapa komponen motor yang akan dicat diamplas dengan bantuan air dan langsung dikeringkan melalui cara meniupnya dengan angin bertekanan tinggi dari air compressor. Tanpa harus menunggu lama, epoxy filler pun diencerkan dengan thinner dan tak lupa menambahkan hardener agar epoxy filler bisa mengeras.


Selang beberapa menit, bak CVT yang sudah dilapisi dengan epoxy filler langsung dilapisi dengan cat putih. Beberapa menit kemudian lapisan cat orange metalik sebagai basic warna yang diinginkan konsumen disemprotkan sampai merata. Dua kali pengecatan warna orange dengan jeda 5 menit untuk mengantisipasi agar cat tidak meleleh. Metoda melapisi cat dengan cara tipis-tipis akan lebih aman dibandingkan mengecat satu kali lapisan tebal yang rawan meleleh.

Butuh waktu sekitar 10 menit untuk mengeringkan cat agar bisa lanjut ke tahap memberi motif bercak dan garis-garis dengan bantuan obeng. Sayangnya hasil yang didapat kurang maksimal lantaran tidak bisa fokus karena harus memegang kamera untuk membuat video yang akan dijadikan dokumentasi dan referensi kita bersama. Tapi setidaknya, hasil akhir masih cukup memuaskan setelah lapisan clear coat diberikan untuk mendapatkan kilap cat yang lebih baik sekaligus menjadi lapisan anti gores.

Untuk kombinasi warna bercak dan garis-garis, ungu metalik, kuning, hitam dan putih solid ditambahkan secara acak dengan bantuan obeng. Setelah dirasa cukup, beberapa menit kemudian langsung dilapisi dengan clear coat sebanyak dua lapisan tebal dengan jeda waktu 5 menit antar lapisan agar tidak meleleh. Bak CVT pun dikeringkan secara alami dengan menyimpannya diruangan tertutup agar terhindar dari debu yang bisa merusak hasil pengecatan.

Sekian dulu rekan-rekan... semoga menginspirasi dan bisa dijadikan referensi bersama. Untuk lebih jelasnya, silahkan tonton video berikut ini dan harap maklum dengan kualitasnya karena hanya bekerja sendiri saat membuat video sambil melakukan pengecatan.