RX King Airbrush Tangki Motif Bercak-bercak

Rekan-rekan... melanjutkan pekerjaan yang terbengkalai di bengkel beberapa saat lalu, keputusan untuk memadukan kombinasi airbrush grafis yang berciri khas garis-garis tegas dengan motif airbrush bercak-bercak menjadi pilihan untuk menghemat waktu pengerjaan pengecatan yang sudah sangat mulur. Masih berhubungan dengan tema beberapa hari ini, lantaran masih penasaran ingin menerapkan nya pada media lain, tangki RX King menjadi media untuk mengaplikasikan teknik airbrush yang baru dipelajari.

Ternyata untuk mendapatkan hasil yang rapi dan apik masih dirasa kurang lantaran jam terbang yang masih rendah. Terkadang rasa kaku saat mengayunkan obeng yang menjadi alat bantu membuat motif bercak yang tidak beraturan, membuat cat bertumpuk dan tidak menghasilkan garis-garis halus yang rapi dan apik. Tapi nggak masalah, karena penerapan nya tidak pada seluruh bagian tangki sehingga kesan tidak rapi menjadi tidak kentara.


Kombinasi warna merah solid dan kuning solid, dipadukan dengan coklat metalik dan ungu metalik... dimana harapannya bisa mendapatkan hasil yang serasi dengan rangka yang sudah di cat dengan warna kuning. Pengalaman berharga kali ini, isolasi kertas yang sudah membantu untuk menutupi bagian yang tidak akan dicat malah memberi sedikit persoalan lantaran sudah berbulan menempel di tangki. Lho... kok bisa?

Sebenarnya hal itu tidak harus terjadi sekiranya proses airbrush pada tangki dilakukan dengan segera. Hanya saja bengkel sedang bermasalah beberapa bulan belakangan membuat tangki yang sedang dicat menjadi terbengkalai. Dampaknya, pada saat isolasi kertas dibuka malah menyisakan lem yang sulit untuk dibuang.

Kesalahan fatal terjadi saat ingin menyingkirkan lem sisa isolasi kertas, dengan bantuan kain dan bensin. Perkiraan awalnya bisa membantu menyingkirkan lem tanpa merusak cat yang belum dilapisi clear coat, tapi naif... cat malah luntur dan membuat otak harus mikir lagi agar bisa menyingkirkan lem tanpa merusak cat.

Akhirnya berkat minyak tanah dan bantuan kain lap yang bersih, lem sisa isolasi kertas yang sudah terlalu lama menempel bisa disingkirkan tanpa merusak cat. Dan untuk bagian yang sudah terlanjur rusak karena kesalahan saat menggunakan bensin, terpaksa harus disisip lagi agar hasil akhir bisa maksimal setelah tangki dilapisi clear coat nantinya.

Sekian dulu rekan-rekan... pada kesempatan selanjutnya akan kita bagikan hasil akhir pengecatan Yamaha RX King Airbrush yang orderan nya sudah mulur beberapa bulan belakangan. Semoga dengan momen tahun baru... semangat baru, keberuntungan baru pun bisa diraih dan tidak ada lagi persoalan yang berbuntut orderan keluar dari waktu yang ditarget... :)