Beda mata obeng ketok model kembang yang sebaiknya diperhatikan

Rekan-rekan... sesi berbagi kali ini berdasarkan kejadian yang dialami di bengkel perihal menggunakan perkakas bengkel, dimana mata obeng ketok yang digunakan sebaiknya diperhatikan dengan seksama agar tidak salah dalam menggunakannya. Hal ini memang sepele namun bisa membuat kerusakan pada baut mesin yang akan dibuka dengan obeng ketok jika tidak mengenal bedanya.


Mata obeng ketok jenis kembang dibedakan bukan lantaran panjangnya, melainkan ujungnya yang memiliki kembang berbeda. Saat diperhatikan dengan seksama, ada yang ujungnya lebih kembang dan ada yang agak meruncing dimana masing-masing akan bekerja dengan baik untuk membuka baut jika mata obeng ketok benar-benar pas dengan kepala baut yang akan dibuka.


Tidak ada aturan pasti dalam penggunaan kedua mata obeng ketok  yang memiliki sedikit perbedaan ini. Sebagai acuan, pada saat mata obeng ketok terasa longgar dengan kepala baut yang akan dibuka maka bisa dipastikan bahwa ukurannya tidak pas. Sebaiknya ganti dan gunakan mata obeng ketok yang kembangnya lebih besar, jika terasa padat maka mata obeng yang digunakan bisa dipastikan sudah tepat.

Hal ini sebaiknya diperhatikan dan diketahui terlebih dahulu sebelum menggunakan obeng ketok untuk membuka baut seperti pada baut mesin, agar terhindar dari kegagalan dalam membuka baut yang berakibat slek pada kepala baut jenis kembang.

Baca Juga : Cara Menggunakan Obeng Ketok

Sekian dulu rekan-rekan... semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita bersama seputar menggunakan perkakas bengkel sepeda motor.