Deteksi Honda Beat FI tidak bisa nyala

Rekan-rekan... kondisi motor yang masih gress karena tergolong keluaran anyar dengan usia pemakaian yang kurang dari satu tahun tapi tidak mau nyala meski kondisi aki masih bagus. Sempat membuat pusing si empunya motor, Honda Beat FI yang semalamnya masih nyala dengan kondisi oke tiba-tiba ogah di starter dan tidak mau nyala keesokan hari meski menggunakan kick starter.


Pemilik motor yang menduga penyebab kerusakan lantaran aki/accu tanpa pikir panjang langsung membeli aki baru dan memasangnya, alhasil... motor masih dalam kondisi yang sama dan tidak mau nyala saat tombol starter dipencet berbarengan dengan menarik tuas rem layaknya motor matic.

Akhirnya si empunya motor pun menyerah dan singgah ke bengkel yang bersebelahan dengan rumahnya. Segera saja meninggalkan aktivitas mengecat yang sedang dikerjakan untuk meluangkan waktu guna mendeteksi kerusakan pada Honda Beat FI. Kunci kontak pada posisi on, motor berdiri dengan standar tengah dan standar samping sudah dinonaktifkan. Saat tombol klakson dipencet, suaranya nyaring pertanda aki/accu dalam kondisi bagus. Tapi saat tombol starter dipencet sembari tuas rem ditarik, tidak ada tanda-tanda dinamo starter menyala.


Sasaran utama yang dituju adalah switch standar samping yang diprediksi mengalami masalah. Dengan melepas cover yang menutup akhirnya sumber persoalan pun ditemukan. Kabel body dengan warna hijau dan hijau strip putih (bergaris putih), terlihat sudah putus dan diperkirakan disebabkan oleh tikus. Dan ternyata prediksi tidak meleset lantaran binatang pengerat yang masih bersembunyi didalam cover body segera lari saat keberadaannya terusik.



Tindakan perbaikkan pun dilakukan dengan menyambungkan kembali kabel body yang putus dengan menambahkan kabel baru. Kemudian ulasan kabel yang terbuka, ditutup kembali dengan isolasi agar tidak terjadi korsleting. Saat tombol starter dipencet berbarengan dengan menarik tuas rem, dinamo starter pun bekerja normal menyalakan mesin.

Sedikit catatan untuk referensi bersama, jangan tergesa-gesa memvonis aki/accu rusak dan menyebabkan mesin tidak bisa menyala. Pastikan kondisi aki/accu terlebih dahulu, cara termudah untuk memastikan kondisi aki/accu masih baik yaitu bisa dengan suara klakson yang masih bagus dan nyaring. Satu lagi, motor dengan teknologi injeksi sekalipun masih bisa menyala dengan kondisi aki yang sudah tidak bagus/soak. Palingan, tidak bisa untuk dinyalakan dengan menggunakan tombol starter.

Sekian dulu rekan-rekan... semoga pengalaman ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama. Terus ikuti MotorExpose... kita akan berbagi banyak hal seputar sepeda motor, tidak hanya sebatas airbrush dan modifikasi saja.