Airbrush Sepeda ketularan tema bercak-bercak


Rekan-rekan... melanjutkan aktivitas pengecatan di bengkel, kali ini pengecatan sampai pada orderan pengecatan dan airbrush sepeda yang turut ketularan tema bercak-bercak. Dengan kombinasi dua warna yaitu biru dan putih, rangka sepeda yang sudah dibersihkan pemiliknya siap untuk garap secepatnya tanpa neko-neko.

Rangka sepeda datang dalam keadaan sudah dipreteli dan cat lama sudah dikerok bersih dengan soda api dan sudah selesai diamplas, sehingga pengecatan bisa langsung dilakukan. Praktisnya, kali ini bahan cat sudah disediakan oleh si empunya sepeda yaitu sekaleng cat seprot warna putih dan sekaleng warna biru. Untuk finishing menghabiskan dua kaleng clear coat jenis dan merk cat semprot yang sama.



Tahap pengecatan diawali dengan melapisi cat semprot kaleng berwarna putih sebagai dasar dan setelah kering dilapisi dengan warna biru tapi tidak pada keseluruhan rangka sepeda agar mendapatkan kombinasi dua warna tanpa batas garis tegas. Setelah cat kering dalam beberapa menit, penambahan motif dengan tema bercak-bercak dilakukan dengan bantuan obeng saja. Bahan cat yang digunakan adalah cat NC yang biasa digunakan untuk pengecatan sepeda motor dan mobil. Dengan menambahkan warna hitam, kuning, orange secara acak akhirnya menghasilkan garis-garis yang tidak beraturan pada bagian rangka sepeda yang diinginkan.

Setelah penambahan motif selesai dan cat kering sempurna, tahap akhir diselesaikan dengan melapisi clear coat sebanyak dua kaleng untuk hasil akhir yang lebih baik. Pada awalnya hanya satu kaleng, tapi lapisan clear coat kurang keluar dan kurang mengkilap. Akhirnya dengan persetujuan pemilik, sekaleng clear coat pun ditambahkan lagi agar hasil benar-benar kinclong meski dengan bahan cat semprot kaleng yang siap pakai.


Sedikit catatan, sebuah teknik sederhana diterapkan untuk mendapatkan bintik-bintik halus dengan menggunakan sikat gigi yang dicelupkan ke dalam cat encer (sudah diencerkan dengan thinner) lalu diurut dengan obeng pada bagian bulu-bulu sikatnya dan cipratannya diarahkan ke rangka sepeda pada bagian yang diinginkan. Sekian dulu rekan-rekan, semoga bisa menginspirasi dan bisa kita jadikan referensi bersama.