Behel motor baret, enaknya bagaimana?

Rekan-rekan... part kecil tapi dekil sepertinya sering menjadi persoalan bagi yang suka tampilan motor bersih dan rapi. Salah satu bagian yang sering cacat dalam pemakaian yaitu behel motor yang sejatinya terbuat dari logam dan dilapisi cat. Tapi tidak semua behel motor dilapisi dengan cat karena ada juga yang dilapisi krom yang keras mau pun karet dari pabrikan motor. Untuk behel motor yang dilapisi dengan cat, apa bila sudah baret enaknya bagaimana?


Pertanyaan ini dilontarkan rekan yang melihat behel motor bekas yang sedang menjalani rawat inap dibengkel. Cat behel yang sudah dirontokkan oleh pemilik sebelumnya dalam kondisi baret dan tidak enak dipandang mata. Ada yang mengusulkan untuk di krom poles saja agar kinclong dan ada yang menyarankan untuk dilapisi dengan krom celup agar hasil yang didapat lebih memuaskan.

Walah... melihat baret pada behel sudah terlalu dalam sepertinya upaya untuk melakukan krom poles sendiri dengan menggunakan batu hijau bakal sedikit rumit dan repot. Lalu untuk melapisi dengan krom celup, sepertinya kurang afdol menimbang targetnya untuk mempercantik kembali tampilan motor bekas sebelum dijual. Jadi alternatif terbaik tentu saja kembali melapisi behel dengan cat sesuai warna aslinya.

Tahapan sebelum mengecat behel agar kembali terlihat bagus tentu saja dengan mengamplas lalu melapisi behel dengan epoxy filler agar cat menempel dengan kuat ke permukaan behel. Lalu dicat dengan warna asli bawaan pabrikan atau bisa juga dengan warna lain sesuai selera masing-masing. Tahap akhir behel yang sudah dicat, dilapisi dengan clear coat agar tampil lebih kinclong.

Jadi kesimpulannya, jika behel motor baret, enaknya disesuaikan dengan kebutuhan. Jika untuk motor yang targetnya dijual kembali enaknya dicat saja. Tapi bagi yang ingin tampil bening dan punya dana lebih, melapisi behel dengan krom celup bakal memberi nilai lebih. Dan bagi yang ingin berkreasi sendiri dan mau sedikit repot, aksi poles dengan batu hijau bisa saja dilakoni sendiri dengan bantuan peralatan sederhana seperti mengkrom bak CVT Honda Beat seperti yang pernah kita bahas pada sesi sebelumnya.

Baca Juga : Krom Poles Bak CVT Honda Beat

Sekian dulu rekan-rekan, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi kita bersama.