Cara melubangi body motor dan alat bantu pengerjaan nya

Rekan-rekan... menjawab rasa ingin tahu rekan yang mampir ke bengkel perihal cara melubangi body motor dan alat bantu pengerjaan nya, agar hasil yang didapat bisa rapi dan tidak asal jadi. Sebenarnya tidak ada trik khusus mau pun perlengkapan bengkel yang super ribet yang dibutuhkan untuk melakukannya sendiri.

Kita ambil contoh pada body cover Yamaha Mio Sporty yang pernah dicat ulang dengan body yang sudah dilubangi di salah satu bagian  yang diinginkan pemilik motor. Pada awalnya lubang tidak terlihat rapi lantaran hanya menggunakan solder dan bantuan pisau untuk melubanginya. Maka terpaksa diperbaiki lagi dengan bantuan peralatan sederhana.


Sebuah bor tangan dengan mata batu gerinding yang biasanya juga digunakan untuk korek lubang masuk dan buang pada mesin motor bisa dijadikan sebagai alat bantu yang mempermudah dalam mendapatkan lingkaran yang rapi dengan ukuran yang teratur sesuai besar mata bor korek.

Untuk mempermudah dalam pengerjaan, sebaiknya body cover dilubangi terlebih dahulu dengan mata bor biasa dengan jarak yang diatur sesuai keinginan masing-masing. Tujuannnya agar mata bor yang terbuat dari batu gerinding bisa mudah membesarkan lubang yang sudah ada tanpa terpeleset.

Sekian dulu rekan-rekan, semoga membantu dan bisa menjadi referensi kita bersama. Ikuti terus MotorExpose, kita akan terus berbagi berbagai hal tentang tips dan trik dalam modifikasi sepeda motor, tidak sebatas airbrush dan pengecatan saja.