Cara Mudah Mengganti Karet Penahan Rantai Satria FU 150

Rekan-rekan... terlalu lama bermain dengan cat sampai enggan untuk menyentuh bagian motor yang berhubungan dengan oli mau pun gemuk. Bukan tanpa alasan, karena hasil pengecatan bisa hancur lantaran terkena oli yang tersentuh tangan jadinya tangan diusahakan tetap bersih dan terbebas dari hal-hal yang mengakibatkan hasil pengecatan rusak.

Tapi bukan berarti anti untuk bermain kotor seperti mengganti karet penahan rantai Satria Fu 150 yang sudah aus dengan yang baru. Kondisi karet penahan yang mencegah rantai bergesekan dengan lengan ayun terlihat sudah menipis dan menunggu putus. Dari pada terlanjur putus, mending segera diganti dengan yang baru. Berikut kita bahas cara mudah mengganti karet penahan rantai Satria Fu 150 dan bisa dilakukan sendiri pada motor kesayangan.


Desain karet penahan rantai Satria Fu 150 membuat kita harus melepas sumbu lengan ayun agar karet penahan bisa dikeluarkan. Jika menempuh cara yang seharusnya, dirasa sangat panjang dan ribet. Tapi ada cara mudah yang bisa kita lakukan dengan memotong karet penahan rantai tepat pada lubang baut pengikat yang terdapat pada karet, untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar dimana potongan dilakukan sepanjang garis kuning sampai terputus.

Setelah itu karet penahan rantai Satria Fu 150 bisa ditarik keluar untuk diganti dengan yang baru. Lalu untuk pemasangan karet penahan yang baru, terpaksa diterapkan dengan cara yang sama yaitu dipotong pada bagian lubang sampai terputus. Kemudian karet penahan dimasukkan dan diposisikan pada kedudukannya. Tapi apakah cara ini tidak akan bermasalah?

Tentu saja tidak... asalkan baut pengikat karet penahan pada lengan ayun diberi ring yang berukuran sedikit lebih lebar dari bawaannya dan dikunci dengan kuat agar bisa menjepit dengan baik. Keuntungan menggunakan cara mudah ini bisa menghenat waktu pengerjaan dan tidak harus melepas sumbu lengan ayun. Terkesan sedikit pemalas, namun cukup simple bagi yang ingin praktis tanpa harus melalui tahap yang panjang.

Sekian dulu rekan-rekan, semoga memberi inspirasi dan bisa kita jadi referensi bersama. Ikuti terus MotorExpose... kita akan terus berbagi berbagai informasi seputar sepeda motor, tidak sebatas airbrush dan modifikasi saja.