Amril atau Grinding Paste Untuk Skir Klep Motor

Rekan-rekan... penambahan amril atau grinding paste untuk skir klep motor mutlak diberikan. Bentuknya seperti serbuk berminyak dimana dalam menggunakan nya cukup diolesi ke bibir klep yang akan bersentuhan dengan sitting klep. Apa saja yang hendak kita tahu tentang Amril atau grinding paste? Yuuk...kita bahas lebih dalam lagi.


Amril atau grinding paste membantu proses skir klep agar sitting klep terkikis sama rata sampai tidak terjadi kebocoran. Sedikit catatan yang perlu diingat, pada kemasan yang sama terdapat dua tingkatan kekasaran nya. Jadi jangan bingung saat menggunakan nya, kita bisa mengikuti pedoman berikut ini sebagai acuan dalam penggunaan.

Secara kasat mata sebenarnya kita bisa dengan mudah membedakan antara amril yang halus dan kasar. Disamping itu, biasanya amril halus berada pada bagian atas kemasan dan yang kasar terdapat pada bagian bawahnya. Selanjutnya, yang harus diketahui yaitu fungsi masing-masing pada saat melakukan skir klep motor.

Penggunaan Amril / Grinding Paste Halus

Pada saat melakukan skir klep biasa, kita bisa langsung menggunakan amril yang halus. Dalam menggunakannya bisa dibantu dengan beberapa tetes bensin atau oli untuk memudahkan proses skir. Sedikit kiat untuk menentukan bahwa proses skir klep sudah cukup yaitu serbuk amril halus sudah sangat halus dan tidak terdengar lagi suara gesekan saat klep bergesekan dengan sitting klep karena diputar baik dengan bantuan bor mau pun dengan tangan. Selanjutnya pengetesan kebocoran dilakukan dengan memasukkan bensin dari lubang masuk atau buang (tergantung klep yang ditest) sembari menekan payung klep agar rapat dengan sitting klep. Apa bila masih terdapat kebocoran, ulangi lagi skir klep dengan amril halus.

Penggunaan Amril / Grinding Paste Kasar

Amril kasar digunakan apa bila kita mengganti sitting klep dengan yang baru. Penggunaan amril kasar akan mempercepat proses skir klep. Selanjutnya tahap akhir tetap dilakukan dengan menggunakan amril halus. Jadi intinya amril kasar digunakan untuk mempercepat penyesuaian antara bibir klep yang bersentuhan dengan sitting klep baru.

Sekian dulu rekan-rekan, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi kita bersama dan bisa menepis keraguan dalam menggunakan Amril atau grinding paste untuk skir klep motor.