Batu Hijau Untuk Krom Poles Motor

Rekan-rekan... bagi yang sedang demam batu akik, jangan ngiler dengan batu yang satu ini. Karena jenis batu ini tidak tergolong batu permata yang memiliki harga jual tinggi mau pun mengkilap jika sudah diasah. Tapi sebaliknya, batu hijau untuk krom poles motor berkhasiat mengkilapkan logam pada bagian sepeda motor dengan metoda tertentu. Trus... kenapa bentuknya hancur dan tidak beraturan seperti ini ?


Batu hijau ini awalnya seperti sabun balok dengan bentuk persegi empat. Lantaran digunakan untuk memoles bak CVT honda Beat beberapa waktu yang lalu, jadi nya seperti ini. Batu hijau yang sengaja digesek dengan gerinda tangan yang sudah menggunakan mata dari karton tebal, terkikis dan semakin cepat berkurang.

Baca Lagi : Krom Poles Bak CVT Honda Beat

Jadi bukan batu hijau nya yang di gosok ke bagian yang hendak di poles? Hmmm... tentu saja bukan, karena hasilnya bukan mengkilap tapi  malah baret, hehe... :)  Batu hijau yang digesek dengan gerinda diarahkan ke bagian yang akan di poles, maka serbuk yang menempel yang akan di gosok dengan gerinda mata karton tebal sampai tidak ada baret halus sekalipun agar hasilnya mengkilap dan kinclong.

Batu hijau atau langsol lumayan susah didapat untuk didaerah. Tapi biasanya usaha teralis dan pagar stainless memiliki stok yang lumayan, jadi pada saat butuh cari saja disana. Tapi jangan diminta... beli saja agar proses jadi lancar. Sebab berdasarkan pengalaman didaerah, mendapatkannya sangat sulit dan jika ada sekalipun jarang sekali mau ditebus.

Cara menggunakan Batu Hijau atau Langsol tanpa Bantuan Gerinda

Bagi rekan-rekan yang ingin menggunakan batu hijau untuk memoles bagian motor sendiri seperti tutup / cover head silinder Honda Beat, Absolute Revo, dan beberapa tipe yang sama, tapi tidak memiliki gerinda tangan untuk membantu pengerjaan...jangan menyerah. Lantaran bagian yang akan dipoles sudah lumayan halus dan tidak tertutup cat, cukup iris batu hijau dan diberi sedikit bensin lalu digosok dengan kertas koran secara berulang-ulang sampai mengkilap.

  Batu hijau yang sudah diiris dan diberi  bensin akan memudahkan proses menggosok dengan tangan. Jangan lupa untuk menambahkan bensin agar batu hijau tidak kering, karena akan mengakibatkan goresan  / baret halus yang mengurangi hasil akhir.

Sekian dulu rekan-rekan, semoga bermanfaat dan bisa kita jadikan referensi bersama. Terus ikuti MotorExpose karena kita akan selalu berbagi tips dan pengalaman seputar sepeda motor.