Beda kilap hasil krom semprot dan poles sendiri menggunakan batu hijau

Rekan-rekan MotorExpose... masih berhubungan dengan aktivitas modifikasi sepeda motor tentang part yang mengkilap dan kinclong, kali ini kita bahas tentang beda kilap hasil krom semprot dan poles sendiri menggunakan batu hijau.Sebagai pembanding kita ambil hasil kerjaan bersama rekan-rekan dibengkel beberapa waktu yang lalu, agar lebih jelas membedakannya. Yuuk... kita bahas lebih lanjut.


Pada dasarnya hasil yang diinginkan adalah tampilan yang kinclong bak cermin. Untuk krom poles dengan batu hijau seperti yang pernah dilakukan, harus melalui tahapan yang panjang. Mulai dari melepas bagian yang akan dipoles, merontokkan cat jika part tersebut dilapisi dengan cat sampai membuat bagian yang dipoles menjadi rata dan kinclong.

Beda dengan krom semprot yang pengerjaan dilakukan oleh tempat yang menyediakan jasa krom, dimana kita hanya melepas bagian yang akan di krom lalu tunggu hasilnya setelah orderan selesai. Tapi ingat, jangan lupa untuk membayar karena yang gratisan hanya jika dilakoni sendiri, hehe... :)

Nah, untuk hasil krom poles dengan batu hijau, kilapnya lumayan dan bikin hati senang karena puas dengan hasil karya sendiri. Pemotretan menggunakan kamera saku yang sama dan waktu yang sama yaitu malam hari dalam keadaan sudah gelap. Jadi pencahayaan dibantu dengan lampu blitz kamera saku agar hasil foto lebih jernih.

Kebetulan yang dikerjakan saat itu adalah bak CVT Honda Beat dan untuk pembanding, kita punya bak CVT Yamaha Mio Sporty yang kebetulan pengerjaan krom yang diorderkan keluar daerah sudah selesai. Ternyata hasil kilap dan kinclong kedua bak CVT berbeda, silahkan perhatikan dengan seksama.

Hasil krom semprot ternyata lebih jernih dan kinlcong bak cermin. Si empunya bak CVT pasti puas dan tidak merasa rugi lantaran sudah mengeluarkan uang yang lumayan dibandingkan memoles sendiri dengan batu hijau. Tapi keduanya tetap memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kelebihan krom poles menggunakan batu hijau, tidak ada pelapisan sehingga nantinya tidak ada yang akan rontok. Jika sudah buram, bisa dikilapkan lagi sendiri. Sementara kekurangan nya, pengerjaan awal yang rumit dan hasil kilap yang kurang dibandingkan krom semprot.

Disisi lain, krom semprot memiliki kilap yang lebih bagus dibandingkan krom poles. Hanya saja harus mengeluarkan biaya yang lumayan dan terkadang cukup jauh untuk memesannya. Dan daya tahan krom semprot tergantung cara perawatan kita, terkadang lapisan krom rontok atau terkelupas sendiri karena usia pakai dan tidak bisa dikilapkan sendiri.

Sekian dulu rekan-rekan, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bersama dalam mengambil keputusan sekiranya berminat untuk menerapkan pada sepeda motor kesayangan.