Cara mengenali keaslian karburator motor Honda

Rekan-rekan MotorExpose... sesi berbagi pengalaman kali membahas tentang cara mengenali keaslian pada karburator motor Honda jenis bebek, kebetulan beberapa waktu yang lalu sempat jual beli motor bekas Honda New Blade keluaran 2013. Pada saat transaksi, si pembeli sempat bertanya tentang keaslian karburator. Walah...jadi kagok karena harus menjawab bagaimana.

Secara fisik kondisi karburator Honda New Blade memang sudah tidak beres, motor anyar tapi pengabut bahan bakarnya sudah dekil dan penuh dengan flek hitam seperti gorengan gosong, hehehe... lantas bagaimana cara menjelaskan nya kepada calon pembeli saat itu?


Kembali pada prinsip hidup yang semestinya, jika ingin beruntung...ya harus jujur. Karena kejujuran lebih mahal dari uang dan sekali pembeli terkecoh maka dia tidak akan pernah percaya seumur hidup. Akhirnya dengan sedikit penjelasan yang rasional dan tidak neko-neko akhirnya calon pembeli bisa terima kalo karburator Honda New Blade yang akan dibelinya memang tidak bawaan asli motor karena sudah diganti oleh pemilik sebelumnya. Sebenarnya ada nggak ya, cara mengenal keaslian karburator motor Honda?


Posisi nomor seri atau identifikasi karburator untuk Honda New Blade berada pada bagian karburator yang akan berhubungan dengan intake manifold, tepatnya seperti yang terdapat gambar diatas. Seharusnya kode yang tertera adalah PB 7UQ A pertanda karburator masih bawaan motor, jadi jelas karburator yang sekarang bukan yang aslinya lagi.

Meski pada dasarnya si pembeli tidak paham dengan cara mengenali keaslian karburator dengan membaca nomor seri nya, jujur menjelaskan menjadi nilai tambah yang ternyata tidak mengurangi harga yang sudah ditawarkan dan disepakati sebelumnya.

So... untuk kita yang ingin membeli motor bekas Honda dengan tipe yang sama, setidaknya kita sudah memiliki sedikit panduan agar bisa mengetahui keaslian karburator bawaan motor yang ingin kita beli. Sekian dulu rekan-rekan, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi kita bersama.