Cara menggunakan seal tape untuk baut pembuangan oli yang aus

Rekan-rekan MotorExpose... sering ganti oli sendiri terkadang mesin masih dalam keadaan panas dan dipicu meleset saat memasang batu pembuangan oli, ujung-ujungnya baut lecet dan drat yang terdapat pada crank case mesin pun turut aus. Namun untuk beberapa kasus, masih bisa diakali dengan seal tape. Trus, bagaimana cara menggunakan nya ? Yuuk... kita bahas lebih dalam lagi.


Rata-rata para pemilik sepeda motor sudah tahu dan pernah menemukan kejadian baut pembuangan oli yang tiba-tiba tidak bisa lagi mengunci dengan baik setelah ganti oli. Untuk keausan yang tidak terlalu parah, masih bisa dengan bantuan seal tape yang bentuknya seperti isolasi berwarna putih dan tipis.

Meski sudah sering mengatasi sendiri, ternyata ada cara yang tepat dalam menggunakan seal tape untuk membantu mencegah kebocoran oli dan juga mempererat baut yang sudah slek atau drat yang sudah aus. Ternyata seal tape tidak digunakan menutup seluruh drat yang terdapat pada baut, melainkan separuh dari drat seperti yang terdapat pada gambar diatas.

Pengalaman ini didapat saat bertandang ke bengkel mobil yang kebetulan sedang ganti oli. Walah... ternyata trik yang selama ini diterapkan kurang tepat lantaran biasanya seal tape digunakan menutup seluruh drat baut pembuangan oli. Tapi setelah melihat trik mekanik mobil akhirnya menjadi ilmu baru dan bisa diterapkan juga untuk bengkel sepeda motor.

Sekian dulu rekan-rekan... semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita bersama. Sedikit catatan... sebaiknya berhati-hati saat melakukan ganti oli motor sendiri dan cegah kerusakan serta keausan baut pembuangan oli dari lecet dengan bersabar sampai kondisi mesin sudah terlalu panas. Tapi untuk yang sudah terlanjur menemukan persoalan seperti yang sudah kita bahas, jika masih tergolong ringan... tidak ada salahnya mencoba untuk menggunakan seal tape dengan cara yang sudah kita bicarakan :)