Cara tepat memasang tuas pengait rem tromol

Rekan-rekan MotorExpose... sekilas memasang tuas pengait rem tromol terlihat mudah untuk dilakukan, cukup memasukkan pada kedudukannya kemudian pasang baut dan kencangkan agar tidak lepas lagi. Tapi apakah cara itu sudah tepat dan tidak ada persoalan?


Sebenarnya tidak ada persoalan, hanya saja jika kita memperhatikan hal-hal kecil dalam pemasangan tuas pengait rem tromol malah bisa membahayakan. Setidaknya terjadi persoalan lain seperti posisi yang kurang pas sehingga kawat penghubung tidak sampai lagi... bukan lantaran memendek tapi posisi tuas yang terlalu melenceng dan perlu diatur lagi.

Untuk memudahkan dalam pemasangan, ada petunjuk yang bisa diikuti yaitu pada tanda titik yang terdapat pada tuas pengait harus sejajar dengan tanda titik pada as nya. Hal ini tidak berlaku jika as sudah berputar 180 derjat dari posisi sebenarnya. Jika ditemukan kejadian seperti itu, maka kembalikan lagi dengan memutar as setengah putaran lalu pasang tuas pengait tromol dan kunci dengan baut agar bagian tuas yang berbentuk lingkaran menjadi sempit dan menjepit sempurna.

Walah... eces bin gampang, hehehe... tapi ada yang lebih penting yang perlu diperhatikan dan menyangkut dengan keselamatan. Pada bagian as terdapat alur untuk baut pengunci, seringkali saat memasang alur untuk baut belum pas pada bagian tengah dan fatalnya gigi nanas yang terdapat pada tuas tidak menjepit sempurna alias hanya tepat pada bagian luarnya saja sementara bagian dalam berada pada alur untuk baut. Alhasil, tuas pengait beresiko lepas pada saat handel rem difungsikan.

Pengalaman pribadi pernah terjadi pada saat memasang  tuas pengait rem tromol, lantaran ceroboh dan tergesa-gesa... pemasangan belum tepat dan berujung lepas saat rem difungsikan. Masih untung kecepatan motor masih rendah sehingga rem depan masih bisa membantu untuk mengantisipasi.

Sedikit catatan, pemasangan tuas pengait rem tromol sebaiknya pada saat hub tromol belum dipasang. Sehingga as tempat kedudukannya bisa ditekan dari bagian belakang. Akan beda hasilnya dengan kondisi hub tromol sudah terpasang... terkadang as tertekan kedalam dan menyulitkan pemasangan sehingga hanya sebagian kecil dari as yang terjepit oleh gigi nanas pada tuas.

Intinya, pemasangan tuas pengait sebaiknya sebelum hub tromol dipasang dan perhatikan tanda titik pada tuas dan as agar tidak melenceng dan jika as seret... sebaiknya dibersihkan dengan amplas dan tambahkan sedikit gemuk pada batang as agar lancar dan tidak seret. Satu hal lagi... hati-hati dengan part aksesories yang bahan nya kurang bagus dimana gigi nanas nya gampang dol atau lecet.