Mengatasi klep Suzuki Satria FU 150 bengkok

Rekan-rekan... melanjutkan aktivitas di bengkel, kali ini dihadapkan dengan persoalan seputar klep. Suzuki Satria FU 150 bekas yang baru saja dipinang oleh si empunya tidak bertenaga lantaran kompresi tidak padat karena klep buang bengkok. Hal ini dipastikan dengan membongkar kepala silinder dan setelah proses skir klep. Bagaimana detil cara mengatasi klep Suzuki Satria FU yang bengkok, yuuk... kita bahas lebih dalam lagi.


Secara kasat mata, keempat klep Satria FU 150 nya terlihat tidak bermasalah. Namun salah satu diantara klep buang tidak menutup sempurna meski sudah melewati proses skir klep yang dibantu dengan amril saat pengerjaan. Sitting klep yang bergesekan dengan bibir payung klep menimbulkan baret berupa alur yang tidak rata. Saat diuji dengan menggunakan bensin, ternyata terdapat kebocoran yang lumayan besar ditandai dengan bensin yang mengucur deras saat dimasukkan dari lubang buang dalam kondisi klep ditekan kuat agar rapat dengan sitting klep.

Wajah pucat pasi dan langsung lemah lunglai dirasakan si empunya motor saat vonis dijatuhkan untuk mengganti klep yang bengkok. Yang bikin pemilik motor merinding, karena harga suku cadang untuk motor Suzuki biasanya mahal. Padahal untuk mengganti dengan suku cadang asli Suzuki, harganya masih tergolong terjangkau lantaran tidak harus membeli 4 buah klep...cukup klep buang nya saja. Tapi lantaran kondisi keuangan yang sedang tidak mendukung maka pilihan pun dijatuhkan kepada spare part alternatif yang memiliki harga separo dari SGP, dan hanya membeli klep buangnya saja.

Sebenarnya biaya masih bisa ditekan lagi sekira pemilik toko bersedia menjual satu biji saja. Toh..., yang dibutuhkan hanya satu klep buang. Tapi tidak masalah, karena klep baru bisa segera menggantikan klep sebelumnya yang bengkok.

Sebelum dipasang, klep buang yang baru tetap melalui proses skir klep agar tidak terdapat kebocoran kompresi lagi. Selang beberapa waktu pengetesan dilakukan dengan metoda yang sama, yaitu memasukkan bensin dari lubang buang sementara klep dalam keadaan tertutup rapat. Alhasil, tidak terdapat kebocoran lagi, bahkan tidak ada rembesan sama sekali saat dipastikan dengan meniup payung klep dengan angin bertekanan dari air compressor / kompresor.

Setelah itu semua komponen yang terdapat dalam head silinder dirakit kembali, saat motor dinyalakan hasilnya pun langsung terasa. Kompresi yang padat membuat mesin DOCH hyper underbone pabrikan berlogo S menyala dengan mudah, dan saat dijalankan...tenaga motor kembali mengisi dan tidak ada gejala ngempos seperti sebelumnya.

Sekian dulu rekan-rekan... semoga sesi berbagi pengalaman mengatasi klep Suzuki Satria FU 150 yang bengkok bisa menjadi referensi kita bersama dan jangan langsung panik jika mengalami kejadian serupa, karena masih ada suku cadang alternatif yang masih bisa digunakan agar motor bisa kembali nyala meski kantong sedang tidak mendukung :)