Nasib pelek standar lingkar 14 motor matik

Rekan-rekan MotorExpose... sudah jarang sekali bengkel mendapatkan orderan pengecatan pelek / velg palang dengan lingkar 14 yang biasanya digunakan oleh motor matik. Trend modifikasi yang sudah berubah membuat pelek palang lingkar 14 bawaan asli segera diganti pemilik motor dengan model jari-jari dengan diameter lingkar 17, nasib...nasib... :)


Beberapa tahun yang lalu, motor tipe CW (Casting Wheele) yang menggunakan velg palang dianggap lebih tinggi kastanya dibandingkan yang jari-jari. Tapi sekarang malah sebaliknya, disaat pabrikan sudah menerapkan pelek palang sebagai bawaan asli... eee, malah dicopot dan diganti dengan model jari-jari lingkar lebih besar. Tidak peduli motor baru keluar dealer mau pun motor bekas, trend untuk memodifikasi pelek palang jadi jari-jari sepertinya sudah wajib untuk saat ini.

Tapi ada beberapa hal yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya pelek 17 biasanya dikombinasikan dengan ban ukuran kecil alias ban cacing. Ujung-ujung nya ban sering bocor dan lingkar pelek jari-jari sering penyok atau baling. Nah... persis seperti rekan yang sedang order pengecatan pelek asli Honda Beat nya, alasan velg jari-jari penyok sehingga jalan motor jadi tidak rata membuat dia ingin kembali menggunakan pelek standar lagi. Untungnya velg standar masih ada, sehingga hanya perlu sedikit mendandani dengan cat baru agar kembali tampil bagus, kalo sudah dijual? weleh... musti merogoh kantong lagi untuk membeli sepasang velg standar.

Jadi... mengikuti trend sepertinya wajar dan boleh saja, asal penuh pertimbangan dan tidak memaksakan diri. Karena sering juga dari beberapa rekan yang ingin memodifikasi sepeda motornya... malah menjual part asli bawaan motor. Padahal sewaktu-waktu part standar tersebut bisa saja dibutuhkan kembali, contoh lainnya yaitu knalpot standar yang sering dijual dengan harga yang murah atau sering dipinjamkan begitu saja kepada rekan sendiri...pada saat butuh, malah jadi ribet karena barang sudah tidak diketahui dengan pasti keberadaannya.