Pengecatan Ulang Rangka Yamaha RX King, kembali ke warna hitam

Rekan-rekan MotorExpose... melanjutkan aktivitas di bengkel, kali ini orderan pengecatan ulang terhadap Yamaha RX King yang targetnya adalah pengecatan rangka, lengan ayun, foot step boncengan dan tangki. Persiapan apa saja yang harus dilakukan agar bisa menuntaskan pekerjaan? Yuk...kita bahas lebih dalam lagi.


Rangka Yamaha RX King sejatinya berwarna hitam, keinginan si empunya motor untuk mengembalikan warna rangka yang sudah pernah di cat ulang dengan warna orange metalik memaksa untuk turun mesin dan mempreteli semua kompenen motor agar hasil pengecatan maksimal. Jadi motor tidak dicat ulang dalam kondisi terpasang.

Yamaha RX King keluaran 97 ini sebelumnya sudah pernah menginap di bengkel beberapa tahun yang lalu untuk pengecatan rangka dan airbrush tangki dengan desain yang di tentukan pemilik nya.

Baca lagi : Modifikasi RX King Airbrush Putih Mutiara

Kali ini ingin tampil kalem dengan warna hitam solid yang akan menjadi tampilan baru sesuai keinginan konsumen, disebabkan rasa bosan dan dipicu tangki yang penyok lantaran jatuh. Proses mempreteli sepeda motor digarap bersama pemilik lantaran si empunya motor ingin menyelesaikan pengecatan motornya dalam waktu yang singkat.

Cat yang terdapat pada tangki motor dirontokkan dengan soda api lalu dilanjutkan dengan pengetokan pada bagian yang penyok. Agar kembali mulus, dengan terpaksa sedikit dempul diberikan  agar tangki benar-benar rata pada bagian yang diperbaiki. Untuk bagian rangka sebenarnya akan lebih baik jika cat juga dirontokkan dengan soda api, sayangnya keterbatasan waktu membuat pilihan mengamplas menjadi pilihan tercepat. Lho...bukannya semakin lama?

Tentu saja tidak, rekan-rekan... cat yang terdapat pada rangka dan lengan ayun hanya dikerok dengan amplas, sekedar untuk menghilangkan lapisan clear coat lalu dilapisi dengan epoxy filler sebagai dasar. Penggunaan epoxy filler lebih menjamin cat lama tidak akan bermasalah saat dilapisi dengan cat baru. Rencananya cat hitam solid dengan seri Jet Black akan menjadi lapisan warna utama nantinya dengan alasan warna hitamnya yang cukup pekat dibandingkan seri cat hitam lainnya.

Bagaimana hasil akhirnya nanti... ikuti terus MotorExpose karena kita akan terus berbagi pengalaman seputar aktivitas bengkel dan informasi menarik lainnya.