Suzuki Shogun 110 Modif Trail

Rekan-rekan... mampir ke bengkel dengan mesin tenaga manusia alias didorong karena motor mogok, Suzuki Shogun 110 yang sudah dimodif trail terlihat lebih kokoh berisi dengan ban pacul yang siap untuk melibas jalanan tanah. Usut punya usut, ternyata bagian kelistrikan motor yang bermasalah lantaran CDI koit dan tidak memberi arus listrik ke koil. Ujung-ujungnya busi tidak memercikkan bunga api tegangan tinggi untuk membakar bensin yang sudah dikompresi diruang bakar.


Meski jubah yang digunakan sudah kucel dengan cat yang kurang cakep, namun kesan gagah masih terpancar dan bikin tangan gatal ingin mencoba memodif Yamaha Jupiter Z sendiri untuk tampil ala trail sejati. Tapi melihat sentuhan pada sektor kaki-kaki dan rangka yang masih menggunakan frame / sasis asli pabrikan dengan disangga besi penguat, mengingatkan pada Yamaha F1ZR yang pernah di cat di bengkel beberapa tahun lalu.

Baca Lagi : Rangka Yamaha F1ZR Modifikasi Trail

Kesan kokoh memang didapat dengan tangki yang sudah layaknya motor trail batangan, disertai dengan aplikasi sok depan yang sudah melengser bawaan asli sehingga kesan "bebek trail" nya sedikit samar. Meski mempertahankan double shock untuk peredam kejut belakang, sudah cukup mumpuni untuk menunjang aktivitas si empunya motor yang sering berhadapan dengan jalan tanah ketimbang aspal.

Tapi jika dibandingkan dengan modifikasi Honda Mega Pro yang pernah kita bahas beberapa waktu yang lalu, modif trail Suzuki Shogun 110 masih kalah jauh. Karena si Mega sudah menerapkan rangka yang dibuat sendiri dengan perhitungan yang mumpuni sehingga motor semakin kokoh dan enak saat ditunggangi.

Baca Lagi : Honda Mega Pro Modifikasi Trail

Hmmm... jadi mikir nih, rekan-rekan... soalnya Jupiter Z yang jadi motor tunggangan harian untuk transportasi ke bengkel rencana awalnya ingin dicat ulang dengan tampilan standar agar proses pengerjaannya tidak menyita waktu terlalu lama, takut pelanggan lari lantaran si empunya bengkel sibuk mengerjakan motor sendiri, hehe :)