Alat sederhana untuk membuka baut pentil

Rekan-rekan... banyak ragam perkakas bengkel yang bisa kita buat sendiri, terkadang hanya menggunakan benda yang ada disekitar saja. Seperti alat sederhana untuk membuka baut pentil, hanya menggunakan baut dan tutup pentil yang terbuat dari logam...jika menggunakan yang terbuat dari plastik bakal rawan rusak. Kapan waktu paling tepat dalam penggunaan alat ini?


Yup, biasanya saat mengeluarkan ban dalam... agar udara yang terdapat didalamnya biasa maksimal keluar, sebaiknya baut yang terdapat pada kepala pentil dilepas. Jika hanya mengandalkan cara ditekan, sedikit repot dan masih banyak udara yang terdapat didalam ban dalam.

Begitu juga saat pemasangan ban dalam, alat sederhana ini berguna untuk mengecangkan baut yang terdapat dalam kepala pentil. Tujuannya agar tidak ada kebocoran yang bisa membuat tekanan angin ban berkurang secara perlahan. Untuk memastikan bahwa pemasangan sudah benar dan tidak ada yang bocor, pada bagian pentil dicek dengan menggunakan air. Tapi jangan menggunakan air liur seperti yang sering dilakukan kebanyakan orang... kotor dan jorok, hehe :)

Apakah alat ini tidak ada dijual dalam bentuk yang lebih bagus agar tidak terlihat asal jadi saja? Hmmm... mungkin ada, tapi sepertinya sangat jarang yang menggunakan nya... bahkan di tempat penyedia jasa tambal, alat sederhana untuk membuka baut pentil seperti ini yang sering ditemui dan mereka gunakan. Jadi... halal kok untuk ditiru dan diterapkan.

Sekian dulu rekan-rekan, semoga info ringan ini bisa menjadi referensi kita bersama.