Bantalan Mesin Sederhana

Rekan-rekan... kembali ke bengkel melanjutkan aktivitas seperti biasanya... mumpung sedang turun sedang melakoni proses turun mesin Suzuki Satria FU, kali ini ada sebuah peralatan sederhana yang menunjang pekerjaan servis motor dan perbaikan. Yap...bagi yang sudah sering main ke bengkel, bantalan mesin yang terbuat dari kayu sudah tidak asing lagi. Meski sederhana tapi sangat membantu saat proses turun mesin.


Bantalan mesin sederhana yang terbuat dari kayu berfungsi untuk meletakkan mesin agar enak saat proses bongkar pasang dan belah mesin. Jika langsung diletakkan diatas lantai... hmmm, mesin bisa lecet dan lantai bisa gores. Syukur jika lantai bengkel tidak terbuat dari keramik seperti lantai dibengkel saat ini, jadi jika kotor dan gores... pemilik kontrakan tidak akan ngamuk-ngamuk apa lagi sampai minta ganti rugi hehe... :)

Pada saat bongkar mesin penuh, proses merakit crank case dengan semua jeroan mesin yang terdalam didalam nya, bantalan mesin memudahkan proses rakit merakit dan tidak takut bagian mesin yang biasanya diberi gasket / perpak menjadi lecet, dimana oli bisa merembes meski perpak mesin terpasang sempurna. Contoh nya pada saat memasang kruk as dan gear ratio, dimana bagian yang menghadap kebawah dan bersentuhan dengan bantalan adalah bagian sisi magnet atau bak kopling. Lha jika lecet dan terdapat guratan pada bagian pinggir nya... bakal rawan kebocoran oli.

Yap, bagi yang sudah pernah bongkar mesin penuh dan menggunakan bantalan mesin sederhana yang terbuat dari kayu... bakal tahu manfaat benda ini. Bagi yang belum pernah menggunakan nya dan akan melakoni proses bongkar mesin sendiri... sebaiknya sediakan dulu perkakas penunjang yang satu ini.

Sekian rekan-rekan... semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan bersama.