Cara Membedakan Kem Masuk Dan Buang Suzuki Satria FU

Rekan-rekan... masih membahas seputar komponen mesin yang terdapat dalam kepala silinder Suzuki Satria FU, sukses melepas kem masuk dan buang untuk kepentingan tertentu... tapi jangan sampai ragu saat memasang kembali. Bagi yang sudah sering dan ahli dalam bongkar pasang mesin Satria FU, hal ini mungkin tidak akan jadi masalah... tapi bagi yang baru atau ingin melakoni bongkar pasang sendiri, harus tahu bahwa kedua noken as alias kem memiliki profil yang berbeda dan tidak boleh terbalik dalam memasang nya. Untuk lebih jelasnya... berikut cara membedakan antara kem masuk dan buang.


Kem masuk terdapat tanda "IN" pada bagian as tepatnya dibelakang gigi kem, sementara untuk kem buang terdapat tanda "EX" yang juga terdapat pada tempat yang sama. Tapi sayangnya saat proses bongkar pasang mesin FU beberapa waktu yang lalu... tidak sempat mengambil foto letak tanda tersebut, tapi bagi yang penasaran silahkan bolak balik bagian kem... dijamin pasti ketemu, hehe :)

Jika sudah tahu cara membedakan antara kem masuk dan buang, maka saat pemasangan pada kepala silinder akan seperti foto diatas. Kem masuk berada pada bagian yang dekat dengan intake karburator sementara kem buang pada bagian yang mengarah ke knalpot. Walah... cemen tapi dijelaskan dengan panjang lebar dan ngelantur kesana kemari, haha :)

Yap, sebenarnya cara ini memang sangat sederhana dan tidak perlu bertele-tele dalam menjelaskan nya. Tapi bagi yang masih awam sama sekali... setidaknya menjadi tahu bahwa bongkar pasang kem Satria FU tidak bisa asal-asalan. Jadi dengan mengetahui cara sederhana seperti yang sudah dibahas, seharusnya tidak terjadi kesalahan nantinya jika ingin praktek bongkar pasang mesin sendiri. Tapi hati-hati... masih ada hal yang lebih penting yang harus diketahui seputar kem Satria FU, yaitu cara menentukan TOP nya agar tidak keliru dalam pemasangan dimana akan berakibat tenaga motor ngempos atau klep bengkok dijitak piston.

Sekian dulu rekan-rekan... semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi kita bersama. Pada kesempatan berikut akan kita bahas tentang cara menentukan TOP yang mudah pada Suzuki Satria FU. Pokoknya ikuti terus MotorExpose... kita akan berbagi banyak hal seputar aktivitas bengkel dan berbagai kegiatan menarik lainnya.