Cara Mudah Menentukan posisi TOP Satria Fu

Rekan-rekan... melanjutkan cerita tempo hari, setelah tahu cara membedakan antara kem masuk dan buang... untuk mendapatkan TOP yang benar pastikan terlebih dahulu tanda yang terdapat pada magnet dengan melihat dari lubang intip. Tandanya adalah huruf  "T"... nah, posisikan garis yang ada tepat pada bagian tengah lubang intip. Selanjutnya baru kita posisikan kedua kem pada posisi yang benar, ada beberapa cara untuk menentukan posisi top kem pada Satria FU. Agar lebih jelas, yuk... kita tuntaskan ceritanya.


Salah satu cara menentukan TOP kem yaitu dengan memposisikan angka 2 pada kem buang tegak lurus sementara untuk kem masuk mengambil pedoman angka 3. Jika dihitung jarak mata rantai nya, terdapat 16 mata, dihitung tepat dari angka 2 pada kem buang sampai angka 3 pada kem masuk. Sayangnya pada foto angka-angka tersebut terhalang dan rantai camrat alias rantai keteng belum terpasang... jadi bikin bingung rekan-rekan semua, hehe... :)

Tapi tidak masalah, karena cara mudah menentukan posisi TOP Satria Fu, setelah piston benar-benar sudah berada diposisi puncak dengan melihat tanda "T" pada bagian magnet... posisikan saja kedua kem menjadi sejajar dengan penahan noken as. Silahkan perhatikan gambar dan kembangkan sendiri, hehe... setelah itu pasang rantai keteng dan lepaskan tensioner agar rantai yang kendur menjadi kencang. Tapi jangan lupa untuk memperhatikan kembali dengan seksama bahwa tanda yang menjadi pedoman tadi masih tetap pada posisi tersebut. Dan sebagai pedoman tambahan, kedua kem akan berada pada posisi mengangkang seperti gambar dibawah ini... dimana kedua puncak kem akan saling berseberangan membentuk sudat tertentu.


Nah, gampang dan mudah untuk dilakoni sendiri. Tapi jangan sampai bergeser walau satu mata rantai sebab tenaga motor akan drop lantaran rencana kerja klep tidak berjalan sebagaimana mestinya. Dengan cara mudah tadi semoga bisa menepis keraguan saat memasang kembali noken as Satria Fu.

Sekian dulu rekan-rekan... semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bersama.