Cutting Sticker Ingin Dilapisi Clear Coat, Apakah Bisa?

Rekan-rekan... sedikit kagok saat sebuah pertanyaan diajukan oleh rekan saat bertandang ke bengkel. Apakah bisa cutting sticker dilapisi dengan clear coat ? Hmmm... ternyata doi demen dengan gambar Angry Bird dan sudah nempel di motor nya dengan bahan cutting sticker. Sedikit bingung juga untuk memberi jawaban yang memuaskan hati nya, jangan-jangan bisa salah kaprah... dikirain ingin menghindar sekiranya memang bisa. Tapi sebenarnya bagaimana, ya...?


Sebelumnya melapisi cutting sticker dengan clear coat sudah pernah dilakoni, saat menerima orderan pengecatan dan airbrush dimana si empunya motor ingin menambahkan beberapa sticker... setelah itu dilapisi dengan clear coat. Alhasil... aman-aman saja dan tidak terjadi kendala. Semakin banyak lapisan clear coat membuat ketinggian sticker semakin tidak kentara, maksudnya... semakin rata saat dilihat dan disentuh dengan tangan.

Namun semua itu berlaku diatas bagian motor yang baru dicat dan menunggu proses akhir yaitu pelapisan clear coat, untuk sticker yang ditempel dibagian body cover berbahan PP yang belum pernah dicat sebelumnya dan memang tidak dipersiapkan untuk pengecatan... wuiihh, ragu nih. Takutnya clear coat tidak menempel sempurna, niat awalnya untuk mempercantik tampil motor... malah bikin jelek, hehe... :)

Disisi lain, bagian yang akan dilapisi clear coat... tidak hanya bagian cutting sticker saja. Sebab akan terlihat perbedaan yang kentara antara bagian yang dilapisi dengan yang tidak. Jadi... jika ingin melapisi, ya... harus seluruh bagian part tempat sticker ditempelkan. Lho... jika sticker nya segede semut dan ditempel dibagian spadboard depan? Yup, tetap harus dilapisi keseluruhan spadboardnya jika memang ingin sticker tahan nempelnya.

Alamak... rumit juga kan? jadi kesimpulan nya... apakah bisa cutting sticker dilapisi dengan clear coat? Bagi yang ingin... jawabnya adalah : BISA SAJA dengan catatan... lapisi seluruh bagian part tempat sticker ditempel agar hasilnya maksimal.

Sekian dulu rekan-rekan... semoga bermanfaat dan bisa kita jadikan referensi bersama.