Karburator Yamaha RX King Rusak

Rekan-rekan... sebuah karburator asli yang masih utuh, dicopot dari motor untuk diganti dengan yang baru. Penyebabnya tak lain lantaran rusak, sering dibongkar pasang saat servis ringan... ujung-ujungnya beberapa jeroan karburator menjadi rusak dan mengakibatkan kinerja nya tidak bagus lagi. Untuk lebih jelasnya, yuuk... kita bongkar.


Gejala yang ditemukan saat motor menggunakan karburator yang sudah divonis rusak ini, pada saat motor sudah digeber setengah putaran selongsong grip gas sampai mentok... motor tiba-tiba mbrebet tersendat-sendat. Mirip dengan gejala pengapian yang tidak beres, tapi untuk memastikan nya... sebuah karburator asli dari Yamaha RX King rekan sendiri dipinjam untuk pengecekan. Alhasil, motor nyala dengan normal dan bisa ngacir dengan tenaga yang tersalur lancar.

Pengecekan pada karburator yang bermasalah pun dilakukan dengan membongkar komponen pendukung karburator. Pilot jet dan main jet dilepas untuk memeriksa sekiranya terdapat kotoran yang menghalangi aliran bensin yang akan terisap ke ruang bakar. Pada saat melepas main jet, penyebab kerusakan karburator sudah bisa terdeteksi dengan lepasnya nozzle dari kedudukannya.

Alamak... ternyata ujung nozzle yang memiliki drat untuk bisa terpasang pada posisinya, sudah aus dan lecet. Teknik akal-akalan sudah pernah diterapkan si empunya motor dengan menambahkan plastic steel namun persoalan tidak juga teratasi. Gejala mbrebet dan tersendat tidak bisa dihilangkan... ogah repot dan ingin tenaga Yamaha RX King nya bisa normal, si empunya motor memilih untuk membeli karburator baru dari pada menggunakan cara akal-akalan lagi.

Yup, namanya juga motor lawas... sudah sering berpindah tangan dan sering dibongkar pasang, kerusakan tidak bisa dielakkan. Meski sejatinya karburator Yamaha RX King ini asli bawaan motor, tapi tetap saja bisa rusak jika salah dalam memperlakukannya saat bongkar pasang dan servis ringan.

Sekian dulu rekan-rekan... semoga bisa bermanfaat dan bisa kita jadikan referensi bersama.