Kesalahan membuka baut kop silinder Suzuki Satria FU 150

Rekan-rekan... kali ini bengkel kedatangan tamu Suzuki Satria FU 150 yang mengeluarkan suara berisik dibagian head silinder nya. Langkah awal adalah pendeteksian dimulai dengan menyalakan motor lalu menggunakan indra pendengaran untuk membuat prediksi kerusakan. Selanjutnya body cover yang menghalang, dilepas untuk memudahkan pengerjaan. Sebuah kesalahan kecil dalam membuka baut kop silinder, menjadi catatan penting agar tidak ditiru dimana dampaknya tidak bisa dianggap remeh.


Pada dasarnya, saat bongkar pasang komponen apa pun pada sepeda motor... hendaklah menggunakan tool kit alias perkakas bengkel yang tepat. Termasuk membuka baut yang terdapat pada kop silinder Suzuki Satria FU 150 yang menggunakan kunci L. Sebaiknya gunakan perkakas bengkel yang berkualitas agar tidak merusak baut dan harus sabar menunggu beberapa saat sebelum melepas 4 buah baut yang terdapat pada kop silinder.

Jika sering bongkar pasang kop silinder dalam keadaan mesin yang masih panas, ada-ada saja yang bakal aus pada akhirnya. Apa lagi menggunakan cara ketok bagian pinggir baut dengan obeng... walah, makin buram... baut jadi jelek karena terdapat bekas pahatan. Mestinya saat membuka harus menggunakan kunci L, jika tidak punya dan enggan membeli... pinjam milik tetangga juga nggak masalah dari pada dipahat seperti membuat ukiran saja, hehe.... :)

Yup, lanjut... pada motor yang sedang ditangani, baut kop silinder sudah tidak bisa dilepas dengan kunci L lagi... terpaksa metoda yang sama diikuti dengan cara memahat bagian pinggir baut, dimana setelah berhasil dilepas... baut pun dipensiunkan untuk diganti dengan yang baru.

Dari 4 baut yang dilepas ternyata 2 buah sudah memberi dampak yang parah. Pertama drat kedudukan nya menjadi slek atau dol dan yang satu nya lagi... baut terpasang dalam keadaan miring, salah drat sehingga lumayan keras saat dilepas mau pun pemasangan. Kedua baut sudah tidak bekerja dengan semestinya sehingga mengakibatkan kebocoran oli, meski sedikit namun rembesan oli akan terus membuat kotor kop silinder. Berkat sabar, semua baut bisa juga dilepas untuk melihat isi head silinder.

Sekian rekan-rekan... semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bersama. Sedikit catatan, gunakan perkakas bengkel yang tepat saat bongkar pasang komponen motor dan hindari mempreteli bagian mesin saat masih panas.