Lampu Utama Motor Dilapisi Kaca Film, apakah melanggar...???

Rekan-rekan... modifikasi ringan sering kali menyentuh bagian part motor yang terkadang rawan melanggar aturan lalu lintas, seperti lampu utama yang motor yang dilapisi dengan kaca film apa lagi dengan warna kuning yang dan memancarkan cahaya yang tidak lazim... apakah melanggar ?


Perasaan was-was sebenarnya tetap ada bagi rekan yang melakoni modif ringan seperti smoke lampu utama maupun dilapisi dengan kaca film, tapi lantaran gatal untuk menambah mau pun mengurangi bagian tertentu pada sepeda motor... ujung-ujungnya bisa kena tilang. Padahal penyebabnya hanya sepele dan dirasa tidak bakal menyalahi aturan... sayangnya dilapangan modif ringan seperti menutup lampu utama dengan cara pengecatan mau pun kaca film dinyatakan menyalahi peraturan.

Walah... trus bagaimana sebaiknya? Bagi yang ingin main aman dan tidak ingin mendapat masalah... sebaiknya lampu utama dibiarkan standar dan tidak dimodifikasi dengan cara apa pun. Begitu juga dengan aturan untuk menyalakan lampu utama siang hari... terkadang sering dilanggar lantaran banyak yang memodifikasi lampu utama agar tidak nyala terus. Padahal untuk motor anyar, tombol untuk menyalakan mau pun mematikan lampu utama sudah dihilangkan pabrikan.

Disatu sisi, lampu utama dilapisi dengan kaca film warna kuning sangat membantu saat menempuh jalanan berkabut, namun disisi lain pada kondisi normal... cahaya warna kuning membuat mata pengendara lain yang datang dari arah berlawanan menjadi kewalahan untuk melihat jalan. Nah, mungkin sisi ini yang membuat modifikasi ringan ini melanggar... mirip dengan lampu stop yang tidak berwarna merah. Mika lampu stop dibikin bening sehingga cahaya nya sangat menyilaukan mata pengendara dibelakang nya begitu tuas rem berfungsi. Alamak... sering bikin dongkol pengendara mau pun pengemudi yang sedang membututi nya.

Kembali ke persoalan lampu utama yang dilapisi kaca film... syukur kalo ketemu masih kena teguran dan hanya disuruh melepas lapisan penutup lampu utama yang ditambahkan, jika kena tilang... hmmm, bisa panjang urusannya. Lebih baik main aman, hehe.... :)

Sekian dulu rekan-rekan... semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bersama.