Mengatasi engkol Yamaha Vega ZR seret

Rekan-rekan... kali ini kunjungan datang dari pemilik Yamaha Vega ZR, masih rekan sendiri yang sering menjadi kawan saat nonton bareng MotoGp di warung nasi goreng dekat bengkel, hehe... :) Sembari bercerita sana-sani dan membahas agenda balapan yang akan diadakan di sirkuit Le Mans, Perancis minggu ini. Yap, utak-atik motor dan servis ringan pun dilakukan meski gratis tapi tetap ditemani kopi panas.


Pengecekan dan penyetelan ulang pun dilakukan untuk mengembalikan kondisi motor pada keadaan yang enak untuk digunakan sebagai sarana transportasi bekerja setiap hari. Satu hal yang menjadi catatan kali adalah mengatasi engkol yang seret, padahal sering digunakan lantaran aki Yamaha Vega ZR sudah soak dan tidak mampu lagi memutar dinamo starter.

Engkol seret disebabkan tidak ada lagi pelumasan pada bagian pangkal kick starter, terasa keras saat kaki menguakkan engkol sebelum dislah. Bagi si empunya motor sepertinya sudah terasa lantaran sudah terbiasa. Tapi bagi yang baru menggunakan, apalagi yang sengaja mencari apa yang kurang... maka gejala kurang beres akan terasa membuat tidak nyaman saat ingin menyalakan motor dengan kick starter alias engkol.

Sebenarnya untuk mengatasi seret pada engkol sangatlah mudah, cukup tetesi dengan oli pada bagian poros dan biarkan pelumas masuk disela-sela celahnya... dijamin engkol akan terasa ringan saat dikuakkan sebelum dislah. Tapi pada umumnya, banyak yang melewatkan bagian ini sebab dirasa kurang penting dan terkadang sudah tidak sadar bahwa ada yang sudah tidak berjalan dengan mulus saat digunakan.

Akhirnya dengan bantuan beberapa tetes oli, engkol atau kick starter kembali enak saat akan digunakan. Walah... hanya tips ringan tho... hehe ;) Yaa, tapi semoga menginspirasi dan bisa menjadi referensi bersama. Bagi yang engkol nya juga seret... segera dibikin lancar mumpung belum lupa karena besok sore MotoGp bakal seru dengan kompetitifnya semua pabrikan motor yang berlaga.