Penyebab tenaga mesin Suzuki Satria FU ngempos

Rekan-rekan... melanjutkan pemeriksaan terhadap Suzuki Satria FU yang sudah kita bahas kemaren, ternyata penyebab tenaga mesin Suzuki Satria FU ngempos... lantaran terdapat klep yang bengkok dipicu oleh keausan pada kuku klep atau cotter. Klep yang seharusnya menutup kembali ke posisi menutup rapat, akhirnya disundul piston. Bengkoknya klep membuat kompresi menjadi bocor dan tenaga mesin ngempos.


Kejadian aus nya kuku klep atau cotter sebenarnya jarang terjadi, sejatinya part kecil pada komponen mesin motor ini hanya menahan klep agar bisa naik turun teratur. Jika tidak ada kuku klep, maka klep tidak bisa kembali pada posisi semula dimana bibir yang terdapat pada payung klep mendekap erat dan tidak ada kebocoran.

Lantaran terdapat kebocoran kompresi, wajar saja kepala piston terlihat gosong sebab pembakaran tidak sempurna. Ujung-ujungnya tenaga ngempos dan tidak mampu berakselerasi dengan baik. Solusinya... kuku klep atau cotter berikut klep yang bengkok, terpaksa diganti dengan yang baru dan dilakukan skir klep kembali untuk memastikan tidak ada kobocoran kompresi. Setelah itu semua komponen mesin Suzuki Satria FU pun dirakit kembali.

Masih untung kuku klep yang harus diganti, harganya tidak mahal. Namun beda halnya dengan klep, sehingga terpaksa membeli klep alternatif bukan yang asli.

Sekian dulu rekan-rekan... semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi kita bersama. Terus ikuti MotorExpose, kita akan berbagi banyak hal lainnya seputar aktivitas bengkel dan dunia sepeda motor.