Pertimbangan lain dalam memilih lokasi bengkel sepeda motor

Rekan-rekan MotorExpose... masih saja menjadi uneg-uneg yang mengganjal seputar sulitnya akses jaringan internet, terus mencari penyebab kenapa sinyal HSDPA sangat sulit untuk didapatkan. Sepertinya semua ini menjadi sesuatu yang luput dari pertimbangan saat memilih lokasi bengkel sepeda motor yang baru. Saking penasarannya... lokasi ketinggian pun dikunjungi untuk mencoba akses internet dengan modem murah yang paket nya juga hemat.


Alhasil... kecepatan data berjalan dengan normal dan super lancar. Tower pemancar yang terlihat jelas dari atas bukit tanpa terhalang dinding beton dan pepohonan sama sekali... ternyata membuktikan bahwa kesalahan tidak terdapat pada perangkat yang digunakan untuk internetan di bengkel. Dan sempat berpikiran bahwa sinyal yang dipancarkan oleh provider lagi down, ternyata tidak ada masalah.

Hmmm.... ternyata persoalan terjadi lantaran jarak bengkel dengan tower pemancar yang menjadi penyebab kurang bagusnya jaringan internet. Sinyal HSDPA yang semakin lemah jika jarak sudah melebihi 6 Km membuat penangkapan sinyal semakin tidak stabil. Padahal sebelumnya hampir ngamuk-ngamuk dan sangat kesal dengan sulitnya terhubung ke dunia maya.

Lho... kok sampai segitunya? Memang benar, rekan-rekan... kebutuhan akan jaringan internet tidak bisa dipungkiri lagi, meski untuk dunia bengkel cat sepeda motor yang sejatinya hanya berhubungan dengan perangkat keras seperti kompresor dan perkakas bengkel lainnya. Proses menimba ilmu dan sesi berbagi pengalaman dengan rekan-rekan yang memiliki minat sama terhadap dunia sepeda motor, menjadi terhalang jika tidak bisa internetan. Apa lagi lokasi bengkel yang jauh dipelosok daerah, informasi sangat kurang sehingga internet menjadi sumber informasi yang sangat penting agar tidak ketinggalan jaman, hehehe :)

Persoalan ini menjadi pelajaran baru juga pertimbangan lain dalam memilih lokasi bengkel sepeda motor, sekira suatu saat nanti kontrak bengkel habis dan mencari markas baru... mending cari yang dekat dengan tower pemancar saja... agar sinyal internet nya kuat dan lancar :)

Baca Juga : Tips Memilih Lokasi Bengkel Untuk Pemula

Sekian dulu rekan-rekan... semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi kita bersama.