Rak besi untuk menyimpan hasil pengecatan body cover motor

Kilas balik rekan-rekan... melihat kondisi bengkel sekarang yang sangat minim dengan fasilitas, bikin hati terenyuh tapi nggak sampai nangis guling-guling. Dulu... saat rak besi untuk penyimpan hasil pengecatan body cover motor masih menjadi salah satu aset yang menunjang pekerjaan di bengkel, 3 unit sampai 5 unit motor bisa digarap bersamaan dan tidak membutuhkan tempat yang luas. Cocok untuk usaha bengkel kecil-kecilan dimana ruangan nya pas-pasan, sayangnya... harus ditinggal sebagai ganti kontrak bengkel yang tidak mampu dilunasi saat itu.


Sekarang dengan fasilitas seadanya, nyaris tanpa meja dan kursi apa lagi rak besi untuk penyimpanan... body cover yang sudah selesai di cat terpaksa harus diletakkan dilantai sampai proses pengeringan secara alami dengan suhu ruangan selesai. Kekurangannya... jadi rawan kena debu, apa lagi jika banyak rekan-rekan yang mampir dan lalu lalang kedalam bengkel.

Tapi tanpa harus kehabisan akal, sebuah trik masih bisa diterapkan untuk mendapatkan hasil pengecatan yang baik dan tidak rusak. Setelah lapisan clear coat selesai diberikan, seluruh body cover diletakkan dilantai yang sebelumnya sudah disapu bersih... lalu bengkel segera ditutup. Kerugiannya tetap ada, lama pengeringan secara alami termasuk lambat. Butuh waktu berjam-jam agar kering sempurna meski untuk kering debu hanya butuh beberapa puluh menit saja. Hanya saja, kekhawatiran body cover terinjak dan hal lainnya, pilihan terbaik adalah tutup bengkel dan menggunakan waktu untuk istirahat selama proses pengeringan.

Nah, biasanya body cover sudah kering dan bisa dipasang kembali pada malam harinya. Sebab itu lah aktivitas bengkel masih ada sampai tengah malam, sekiranya konsumen butuh cepat memasang body cover yang sudah selesai dicat ulang. Pulang dini hari bahkan keesokan harinya... sudah menjadi hal biasa dan dimaklumi sama anak istri :)

Kondisi seperti ini menjadi pengalaman dan pembelajaran untuk masa yang akan datang, rekan-rekan... bengkel kecil dan sederhana sekali pun sebaiknya tetap terus dikembangkan serta dilengkapi fasilitasnya, karena kecepatan dan kemudahan dalam menuntaskan setiap sesi pengecatan akan menjadi semakin baik.

Sedikit catatan ringan... aset bengkel sebaiknya terus dijaga dan dipertahankan, sebab bisa jadi suatu saat akan berguna kembali dan sangat menunjang aktivitas di bengkel. Sekian dulu rekan-rekan... semoga memberi inspirasi.