Turun mesin Suzuki Satria FU untuk dibongkar


Rekan-rekan... kembali ke bengkel, melanjutkan aktivitas yang masih berhubungan dengan pembahasan kita tempo hari. Pemeriksaan terhadap Suzuki Satria FU berlanjut dengan turun mesin untuk dibongkar. Langkah menurunkan mesin menjadi pilihan untuk mempermudah pengecekan karena untuk melepas kepala silinder harus melepas empat buah baut tanam yang terdapat didalam head silinder. Bagaimana urutan kejadiannya... yuk kita lanjutkan ceritanya.


Datang dengan kondisi mesin nyala tapi tenaga drop dan tidak langsam dengan baik, pada bagian kepala silinder terdengar suara berisik yang memberi sinyal bahwa ada yang tidak beres dengan komponen mesin. Setelah sukses melepas kop kepala silinder yang baut nya sudah slek untuk dibuka dengan kunci L dimana terpaksa harus menggunakan metoda ketok perlahan menggunakan obeng, hehe... :)

Baca Juga : Kesalahan Membuka Baut Kop Silinder Suzuki Satria FU 150

Yap, apa boleh buat... baut yang sudah salah  perlakuan sejak awalnya menuntut untuk diperlakukan secara berbeda dari yang seharusnya, dimana intinya harus bisa dibuka guna melepas kop silinder. Setelah berhasil... isi head silinder yang terdiri dari sepasang noken as pun terlihat dengan jelas.


Alhasil... sumber suara berisik bisa dipastikan dengan aus nya komponen pendukung kerja mesin yang terdapat pada bagian kepala silinder, seperti noken as yang sudah terkikis dan sim klep yang sudah tipis. Menurut prediksi sementara, kondisi mesin Satria FU ini sudah tergolong parah dan penyebab utama adalah tidak sempurna nya pelumasan terhadap komponen yang bergerak didalam head silinder.

Beberapa faktor bisa menyebabkan pelumasan tidak berjalan dengan baik pada mesin Satria FU ini. Bisa saja sebelumnya sering kekurangan oli sehingga tidak ada pelumasan yang berbuntut aus nya ujung noken as yang tidak menggunakan laher pada ujungnya. Penyebab lainnya bisa saja saringan oli terlalu kotor sehingga sirkulasi oli menjadi tidak lancar, hal ini mirip dengan tersumbat nya saluran oli oleh kotoran.

Untuk sementara... penyebab suara berisik dalam head silinder Suzuki Satria FU ini, sudah bisa diketahui. Selanjutnya yang menyebabkan tenaga mesin terasa sangat ngempos dan drop padahal kapasitas mesin Double Over Head Camshaft ini seharusnya sangat perkasa dan ringan saat diajak berakselerasi.

Sekian dulu rekan-rekan... besok kita lanjutkan dan jangan lupa ikuti terus MotorExpose... kita akan berbagi pengalaman aktivitas bengkel dan tidak semata membahas modifikasi serta airbrush saja. Semoga banyak hal bermanfaat yang bisa kita bagikan dan menjadi referensi bersama.