Aki Bekas Jangan Dibuang

Rekan-rekan... cukup kewalahan dengan kondisi saat ini dimana perekonomian semakin caruk maruk dan terpuruk, jangankan untuk mengembangkan usaha... bertahan saja susahnya alang kepalang. Tapi yang namanya hidup, ya... tetap harus berjuang meski keadaan sulit sekalipun dan terkadang harus tetap berusaha sekuat tenaga demi dapur tetap ngebul. Byuh... meski kantong kempes dan perut sering keroncongan namun semangat hidup tetap harus dijaga, berbagai cara pun dilakukan agar bisa tetap mendapatkan uang yang halal... termasuk memanfaatkan aki bekas yang sudah tidak terpakai. Walau sudah tidak mampu untuk menyalakan motor starter lantaran sudah soak, tapi jangan dibuang karena masih bisa dimanfaatkan. Alamak... untuk apa lagi?


Yup, kali ini berdasarkan pengalaman pribadi dimana perjalan bengkel terseok-seok dan orderan sepi meski sudah melakukan jam tayang yang diluar jam kerja wajar. Buka bengkel dari pagi sebelum matahari terbit dan pulang tengah malam setelah gelap dan jalanan benar-benar sepi... namun yang namanya rejeki, memang tidak bisa dikejar. kondisi sulit dimana buat cari uang sangat payah bahkan untuk dapat beli beras saja sulitnya minta ampun.

Bukannya ngeles... rekan-rekan. Bengkel yang ditopang dengan ilmu dan pengalaman puluhan tahun serta dibantu perkakas bengkel yang biasanya bisa mengais rejeki dalam jumlah yang lumayan untuk kebutuhan keluarga... sekarang tidak ada transaksi karena semua orang mengeluh susah. Jadi prihatin dengan kondisi saudara-saudara setanah air dimana sebagian besar juga rakyat kecil yang sudah bekerja keras tapi semakin sulit menjalani kehidupan saat ini.

Trus... apa hubungannya dengan aki bekas? Hmmm... sesuap nasi disaat lapar akan sangat membantu dan setetes air dikala dahaga yang sangat mendera akan sangat menolong. Tapi ini bukan soal air aki, rekan-rekan... melainkan memanfaatkan barang bekas yang terdapat dibengkel untuk menyambung hidup, dimana dua buah aki bekas yang masih disimpan dan tidak dibuang bisa dijual kembali ke loakan tempat menjual besi tua dan barang bekas lainnya. Nah, disini sepasang aki bekas dihargai kembali sehingga bisa menghasilkan uang.

Setelah ditimbang, kedua aki bekas memiliki berat yang lumayan dengan harga yang jauh lebih bagus dari besi tua mau pun plastik bekas. Alhasil... disaat mepet dan kantong kempes, dapur masih bisa kembali ngebul, hehe... tapi tetap halal karena mengandalkan aki bekas motor sendiri dan bukan hasil curian mau pun mencopot aki motor pelanggan yang mampir ke bengkel, hahaha... :)

Sekian rekan-rekan... semoga menginspirasi dan bisa dijadikan referensi bersama. Tetap kreatif meski dalam kondisi sulit dan gunakan akal agar bisa terus mendapatkan jalan keluar dari kesulitan yang ditemui. Jangan lupa, jika aki motor sudah soak atau rusak, jangan dibuang... tapi disimpan karena masih memiliki nilai jual dan uang nya bisa dimanfaatkan kembali.