Mengenal sekilas tentang shim Suzuki Satria FU

Rekan-rekan... jika dilihat dari segi ukuran nya, komponen kecil yang terdapat dalam kepala silinder Suzuki Satria FU ini besarnya tidak seberapa tapi fungsi nya sangat berpengaruh terhadap performa mesin. Bagi yang sudah pakar dan sering berhubungan dengan mesin, part ini mungkin bukan barang aneh... tapi bagi yang masih awam, ada baiknya mengenal sekilas logam tipis yang lebih dikenal dengan nama "shim".


Jika kita runut menurut fungsinya, shim mengatur celah klep agar sesuai dengan settingan yang dibutuhkan mesin. Layaknya baut setelan klep pada mesin motor 4 langkah biasa, jika celah klep terlalu rapat tenaga yang dihasilkan mesin terasa berat untuk berakselerasi dan lebih boros bahan bakar. Disisi lain, terlalu renggang membuat suara mesin menjadi sedikit berisik meski soal tarikan terasa ringan untuk mengail tenaga bawah dalam berakselerasi.

Letak shim dalam kepala silinder Suzuki Satria Fu, tepat diujung batang klep dan ditutup dengan Tappet yang akan ditekan oleh kem atau noken as. Ketebalan shim bisa disesuaikan untuk kepentingan penyetalan mesin motor dimana pengerjaan nya tidak boleh asal, jika oprek sendiri... ujung-ujungnya tenaga mesin drop atau suara mesin menjadi berisik.

Untuk memudahkan saat mengeluarkan shim dari kedudukan nya, ada trik sederhana yang bisa dilakukan yaitu menggunakan magnet. Nah, biasanya pada bagian ujung obeng bisa digunakan untuk membantu mengambil shim lantaran memiliki medan magnet. Tapi hati-hati karena sering dipakai daya magnet nya bisa berkurang dan tidak kuat lagi... bisa-bisa shim terjatuh ke dalam mesin, bisa bikin pusing, hehe :)

Yup, sekian dulu rekan-rekan... semoga bermanfaat, lain waktu akan kita bahas lebih dalam lagi tentang shim Suzuki Satria FU untuk referensi kita bersama.