Posisi Cuk Yamaha Vega ZR

Rekan-rekan... sebagaimana kita ketahui bersama, cuk atau "choke" pada sepeda motor berfungsi untuk memperkaya campuran bahan bakar agar motor bisa dengan mudah nyala pada kondisi mesin dingin... yup, biasanya digunakan pada saat menyalakan motor pada pagi hari. Lain pabrikan sepeda motor, beda pula desain cuk yang digunakan tapi fungsinya tetap sama dimana aliran udara ditutup sehingga bahan bakar yang masuk lebih banyak dibandingkan udara pada kondisi cuk tidak difungsikan. Kali ini yang menjadi sorotan adalah posisi cuk Yamaha Vega ZR dimana tuas untuk menggunakan nya terdapat pada sebelah kiri tebeng bagian dalam.


Berbeda dengan produk bebek Yamaha biasanya, Vega ZR tidak menggunakan cuk yang difungsikan dengan tali atau kabel... tapi berupa tuas dimana keberadaan nya sangat jelas terlihat pada saat kita diposisi mengendarai dan mudah dijangkau. Bagi yang memiliki motor Vega ZR hal ini bukan barang aneh tapi bagi yang tidak punya, hmmm... ada baiknya juga mengetahui sekilas tentang cuk ini dan cara menggunakannya.

Cuk akan berfungsi pada saat tuas kita tekan kebawah... dan harus dikembalikan pada posisi awal setelah digunakan. Jika tidak motor akan mbrebet lantaran campuran bahan bakar dengan udara tidak lagi ideal sesuai dengan kebutuhan mesin. Disatu sisi desain dan posisi cuk Yamaha Vega ZR memiliki keunggulan dan keuntungan tersendiri yaitu mudah dijangkau  saat dibutuhkan dan bebas seret. Dibandingkan saudara satu pabrikan seperti Yamaha Jupiter Z, pada umum nya cuk tidak berfungsi dengan baik lantaran tali atau kabel untuk menggunakan cuk sudah keras ditarik sebab terdapat kotoran dan karat dalam kabel.

Nah, hal itu tidak akan dijumpai pada Yamaha Vega ZR, hanya saja bagi yang belum tahu setidaknya semua ini bisa menambah referensi bersama... siapa tahu sempat minjam motor tetangga dan pada saat parkir ada saja yang iseng memainkan tuas cuk dan membuat cuk dalam posisi bekerja. Dijamin bakal kagok sebab motor yang awalnya nyala dengan normal tiba-tiba langsamnya tidak teratur seolah ada yang tidak beres dengan mesin. Padahal penyebabnya sangat sederhana dan akan bisa dengan mudah mengetahui penyebabnya sekira sudah membaca tulisan ini, hehe... :)

Sekian rekan-rekan... semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita bersama.