Vespa PS warna biru

Rekan-rekan... akhirnya selesai juga meski orderan pengecatan Vespa PS warna biru yang tergetnya menyambut bulan suci Ramadhan kali ini. Sedikit mulur dari rencana awal dimana si semok sudah bisa diajak acara "Balimau" (tradisi di Minang Kabau: mandi dalam rangka mensucikan diri sebelum memasuki bulan puasa) pada sore hari ini, tapi sayangnya beberapa bagian mengalami masalah dan terpaksa harus digarap ulang agar hasilnya maksimal dan tidak mengecewakan si empunya Vespa. Apa sih kendala yang ditemui dalam proses mempercantik tampilan Vespa kali ini? Yuk, kita lanjutkan ceritanya.


Berpacu dengan waktu agar bisa menyelesaikan pengecatan, kesepakatan bersama untuk tidak mempreteli Vespa bertujuan untuk mempercepat tercapainya target. Aksi gosok menggosok Vespa dengan bantuan kertas amplas yang masih sulit didapatkan sedikit menghambat kelancaran pengerjaan, namun penggarapan terus dikerjakan dengan aksi kilat agar bisa langsung dilapisi dengan epoxy filler.

Setelah lapisan epoxy filler kering sempurna maka dilanjutkan dengan mendempul bagian vespa yang tidak rata lantaran pernah jatuh dan diketok ulang agar kembali pada bentuk semula. Pengeringan dempul membutuhkan waktu untuk bisa diamplas rata agar bisa lanjut ke sesi pengecatan warna yang diinginkan. Tapi tentu saja dempul yang terlihat harus dilapisi kembali dengan epoxy filler agar tidak terjadi masalah dengan hasil akhir pengecatan.

Yup, seluruh bagian Vespa sudah terlapisi dengan epoxy filler dengan hasil yang mulus dan kering sempurna, selanjutnya pengecatan dengan warna biru yang diinginkan Angga pemilik Vespa berjalan lancar tanpa kendala. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, dua lapisan cat biru pun diterapkan.

Apesnya... setelah tahap melapisi dengan clear coat untuk kilap yang lebih baik dan tahan gores, kedua tambur kiri dan kanan mengalami musibah. Keriting seperti kulit jeruk saat clear coat sudah kering sempurna. Padahal sejak awal tidak ada tanda-tanda akan terjadi masalah untuk mendapatkan hasil akhir yang bagus. Akhirnya langkah cepat terpaksa diambil dengan membakar tambur agar cat dan dempul rontok seketika dan memulai lagi proses dari awal.

Byuh... akhirnya target pengecatan mulur beberapa hari dan baru selesai terpasang saat tarawih pertama bulan suci Ramadhan tahun 2015 ini. Syukurnya, tidak ada masalah lagi dan hasil pengecatan vespa dengan warna biru dianggap sukses dan bisa serah terima dengan pemilik motor.

Sekian rekan-rekan... semoga bisa menambah referensi kita bersama, selamat menjalankan ibadah puasa. Ikuti terus MotorExpose karena kita akan tetap berbagi pengalaman seputar kegiatan bengkel berbagai informasi menarik lainnya.