Tips Mengganjal Per Kopling Yamaha RX King dan Tujuannya

Kembali ke bengkel... rekan-rekan semua, melanjutkan aktivitas setelah lebaran dimana pengecatan bak mesin Yamaha RX King menjadi sesi pembuka setelah sebulan vakum. Untuk mempermudah pengerjaan, bak kopling dan bak magnet dilepas sehingga komponen mesin yang terdapat dibalik bak kopling terlihat dengan jelas. Sedikit kejanggalan yang menjadi pertanyaan kepada si empunya motor saat itu, mengenai dua buah per kopling yang terlihat lebih tinggi dari yang lain... Hmmm, tips mengganjal per kopling Yamaha RX King seperti ini tujuannya untuk apa ya ?


Pada awalnya, sempat bingung juga dan mengira baut penahan per kopling tidak terpasang dengan baik sehigga per tidak sama rata. Ternyata memang disengaja lantaran dibelakang ring penahan terdapat sebuah mur kecil yang ditambahkan. Pada saat baut penahan dikencangkan maka per kopling jadi kurang tertekan seperti kondisi yang seharusnya, ketinggian 4 buah per kopling pun terlihat jelas tidak sama.

 Wuih... bikin bingung nih, hehe :) maksudnya dan tujuannya apa ya? sebab secara logika, per kopling yang tidak tertekan sempurna apa lagi tidak sama rata membuat bidang tekan menjadi berkurang...ujung-ujungnya kopling slip dan tenaga mesin tidak tersalur sempurna sampai ke roda belakang.

Sempat mengorek informasi lebih lanjut dari si empunya motor tentang tujuan mengganjal per kopling Yamaha RX King seperti yang diterapkan nya, dengan dalih mempercayakan saja semua kepada mekanik langganannya si empunya motor berkilah untuk menjelaskan maksud dan tujuan yang hendak dicapai dengan cara seperti ini. Hanya saja efek yang dirasakan nya, tuas kopling RX King lebih ringan saat ditarik dan kopling terasa lebih menggigit.

Walah... enggan berdebat lantaran orderan kali ini adalah urusan mengecat bak mesin motor, lebih baik diam dan menuntaskan pengecatan sebaik mungkin saja, hehe... :) tapi menurut teori yang selama ini diyakini, memperkeras per kopling dengan metoda mengganti dengan per racing yang lebih keras mau pun akal-akalan dengan menambahkan sebuah ring tipis dibawah per kopling... memang bisa meningkatkan kinerja kopling. Efek yang dirasakan dan ingin dicapai, per kopling lebih kuat menekan sehingga minim gejala slip kopling. Hanya saja tuas kopling akan terasa sedikit lebih berat saat difungsikan dibandingkan sebelumnya.

Tapi jika dengan cara seperti yang diterapkan oleh rekan kita ini, malah sebaliknya... tuas kopling memang terasa lebih ringan saat difungsikan, tapi kopling jadi rawan slip lantaran per kopling kurang sempurna menekan. Lagi-lagi... ini menurut analisa sendiri, lho... silahkan koreksi dan pikirkan tentang kebenaran nya.

Lalu bagaimana tips mengganjal per kopling Yamaha RX King yang mudah agar tujuan sebenarnya tercapai? Jika ingin menerapkannya untuk pembuktian sendiri, silahkan coba dengan mencari per kopling bekas yang memiliki diameter yang sama lalu potong satu ulir dan tambahkan sebagai ganti ring pengganjal. Cara memasangnya, masukkan potongan per bekas tersebut sebelum memasang per kopling. Berikan pada setiap bagian per kopling agar kekuatan tekanan per kopling tetap rata.

Logikanya, per kopling akan semakin keras karena diganjal hanya saja tuas kopling sedikit lebih berat saat difungsikan dibandingkan sebelumnya. Silahkan dicoba dan diuji kebenarannya... sekian dulu semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi kita bersama.