Memperbaiki engkol Piaggio Zip 100

Jarang digunakan selama beberapa tahun lantaran kondisi aki yang bagus, bukan berarti kick starter tidak bisa mengalami persoalan yang bisa membuat kesal si empunya motor Piaggio Zip 100 ini. Terbiasa menggunakan tombol starter dalam menyalakan mesin sebenarnya tidak masalah dan bukan penyebab kick starter menjadi seret pada saat digunakan nantinya.


Kronologis yang menimpa pemilik Piaggio Zip 100 milik rekan yang sering bertandang ke bengkel, aki motor yang sudah berusia beberapa tahun tiba-tiba drop dan tidak bisa untuk menyalakan motor dengan satu jempol seperti biasanya. Akhirnya kick starter menjadi pilihan yang memang sudah disediakan pabrikan untuk motor sebagai alternatif menyalakan mesin motor.

Yup, lantaran sudah lama tidak pernah difungsikan dan jarang diservis, debu yang terdapat dalam ruangan CVT membuat kinerja engkol menjadi tidak sempurna. Pada awalnya, engkol terasa berat lantaran seret dan berujung susah kembali pada posisi semua. Ujung-ujungnya engkol sering los saat dislah dengan kaki guna menggerakkan poros engkol agar tercipta siklus pembakaran yang membuat mesin nyala.

Solusinya... setelah bak CVT alias cover CVT Piaggio Zip 100 berhasil dilepas, maka komponen yang terdapat didalamnya terlihat dengan jelas. Langsung menuju sasaran... gear pinion (Kick Pinion Assy) langsung dicopot dan dibersihkan serta dilumasi dengan sedikit gemuk/greese, terutama pada bagian klip yang menjepit pada alur gigi pinion.

Tanpa membersihkan bagian dalam, uji coba dilakukan untuk memastikan bahwa penyebabnya sudah ditemukan dan teratasi. Alhasil, kendala yang dirasakan pun hilang sehingga motor bisa nyala kembali dengan menggunakan kick starter/engkol.

Setelah dipastikan bahwa penyebab utama sudah teratasi, aksi bersih-bersih dilakukan sembari ngopi dan ngobrol santai seputar rencana membuat sate dari jatah daging kurban, hehe...ngawur :)

Setelah bersih dan diberi sedikit gemuk/greese, semua komponen pun dipasang kembali dan engkol pun bekerja sesuai dengan yang seharusnya. Akhirnya si empunya Piaggio Zip 100 bisa kembali tersenyum lebar karena bisa terhindar dari membeli aki untuk tunggangan hariannya yang konon harga aki nya lumayan mahal dibandingkan aki yang digunakan motor matic lainnnya.

Sekian rekan-rekan... semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi kita bersama.