Penyebab Tuas Engkol Piaggio Zip 100 Tidak Bisa Disetel Ulang

Melanjutkan cerita seputar kejadian Piaggio Zip 100 yang aki nya tekor sehingga tidak bisa lagi nyala dengan menggunakan tombol starter, ternyata masih ada keluhan yang dirasakan rekan kita ini dalam menggunakan kick starter sebagai alternatif. Pada saat digunakan, tuas engkol terlalu jauh turunnya sehingga si empunya motor ingin menggeser sudut kemiringan tuas engkol agar nyaman saat dislah. Sayangnya... tuas kick starter tidak bisa di setel ulang. Walah... apa penyebabnya ?


Tuas engkol (Kick Crank Assy) yang terhubung dengan kick shaft assy nya, memiliki desain berbeda dengan matik lainnya. Sekilas perawakannya memang sama dan seolah bisa digeser untuk mendapatkan sudut yang diinginkan agar mudah dalam menyalakan motor dengan engkol. Ternyata penyebabnya adalah gigi suri yang hanya terdapat sebagian saja pada kedua komponen tersebut.

Alhasil... setelah tuas engkol dilepas untuk disetel sesuai keinginan pun tidak jadi tercapai. Sehingga posisi kemiringan tuas engkol susah pas dan tidak bisa digeser-geser lagi. Hmmm... ribet juga jika ingin memenuhi permintaan rekan kita ini jika tidak melakukan tindakan modifikasi ringan.

Akhirnya, misi untuk mengubah sudut kemiringan dibatalkan karena penyebab tuas engkol Piaggio Zip 100 tidak bisa disetel ulang berada pada desain part pendukung yang akan meneruskan putaran gigi pinion engkol untuk memutar poros engkol agar motor bisa nyala. Dan untuk kesimpulannya, mustahil untuk lakukan jika tidak melakukan tindakan modifikasi pada part kick starter.

Hitung-hitung dan enggan repot, si empunya motor memilih untuk mempertahankan keadaan yang seperti sekarang dari pada melakukan tindakan modifikasi. Solusinya adalah membeli aki baru untuk Piaggio Zip 100 yang harganya lumayan... :)

Sekian rekan-rekan... semoga bermanfaat. Sedikit catatan, jaga kondisi aki motor agar tetap prima... dan hindari penggunaan aksesoris yang membutuhkan arus langsung dari aki secara berlebihan.