Alat Semprot Saringan Udara Motor

Rekan-rekan... membahas tentang perkakas bengkel yang satu ini, sebenarnya alat semprot saringan udara motor yang berfungsi untuk memberikan tiupan udara bertekanan tinggi... dimana sering digunakan untuk membersihkan saringan udara yang sudah kotor oleh debu. Disisi lain alat yang cara kerjanya simple dan harganya relatif murah ini, sangat terasa manfaatnya untuk mencegah bibir dower saat ngebengkel, hehe... :)


Kenapa tidak... saat harus membersihkan saringan udara yang kotor oleh debu, nafas penuh dengan posisi kedua pipi menggelembung dijamin tidak akan membantu, haha... tapi dengan menggunakan alat ini, udara tekanan tinggi yang ada dalam tabung kompresor bisa disalurkan untuk kepentingan tiup meniup.

Tidak sebatas untuk membersihkan saringan udara sepeda motor, saat ganti oli berkala pun alat ini sering digunakan untuk membantu proses keluarnya oli bekas dari dalam mesin. Hanya saja keyakinan setiap orang berbeda-beda, sebagian beranggapan cara itu dinilai kurang tepat lantaran air yang terkandung dalam tabung kompresor bakal masuk dan mengendap dalam mesin. Hmmm... bisa jadi, tapi tidak berlaku dengan kompresor yang memiliki saringan pemisah air dan juga tidak berlaku dengan kompresor khusus untuk mengecat seperti yang digunakan dibengkel selama ini.

Lho... pede amat, ya... hehe :) bukan tanpa alasan rekan-rekan. Kompresor khusus untuk mengecat yang digunakan dibengkel... tidak pernah dibiarkan menyimpan udara terlalu lama. Begitu selesai mengecat, udara dalam tabung kompresor langsung dikosongkan dengan membuka baut yang terdapat dibagian bawah tabung. Jadi... digunakan untuk menyemprot saat ganti oli berkala, kadar air yang terkandung relatif sangat kecil dan tidak akan mengendap dalam bak mesin motor.

Alat semprot ini juga sering digunakan pada saat servis karburator dan membersihkan spuyer dari kerak yang menyumpal lubang-lubang nya.

Hmmm... kembali soal menggunakan alat semprot ini untuk membersihkan saringan udara motor, apa nggak bertentangan dengan apa yang ditulis sebelumnya, ya ? Sebab pada kesempatan terdahulu... MotorExpose pernah membahas tentang saringan udara yang sebaiknya tidak dibersihkan. Untuk lebih jelasnya... yuk, kita bahas lagi...

Baca Lagi : Saringan Udara Motor Jenis Kertas Sebaiknya Tidak Dibersihkan