Cara mengatasi suara body cover motor berisik

Rekan-rekan... sesi berbagi pengalaman kali ini seputar cara mengatasi suara berisik pada body cover sepeda motor yang disebabkan lantaran getaran. Pada saat mesin nyala, pada bagian tertentu terdengar suara yang kurang sedap ditelinga pertanda adanya bagian body cover yang sudah tidak saling mendekap sempurna. Trus... bagaimana solusinya, yuk... kita bahas lebih dalam.


Bagian body cover motor yang  sering menimbulkan suara berisik, kerap ditemukan pada cover headlamp dan tebeng alias sayap. Getaran saat mesin motor sudah nyala membuat rongga atau celah yang terdapat antar body part menimbulkan bunyi yang kurang enak... padahal baut-baut sudah dikencangkan sedemikian rupa. Jika menemukan persoalan seperti ini, segera sediakan double tape untuk mengusir bunyi-bunyian tak sedap tersebut.

Double tape dipotong sesuai dengan kebutuhan dan dipasang diantara body cover yang renggang. Tapi sebelumnya pastikan dulu bagian yang bermasalah dan menjadi sumber suara. Jika sudah ketemu, maka lepas dan selipkan double tape untuk mengisi rongga yang terdapat antar part tersebut... biasanya masalah sudah bisa teratasi dan bunyi-bunyian tak sedap langsung hilang.

Menggunakan double tape merupakan salah satu cara praktis dalam mengatasi suara body cover motor yang berisik lantaran getaran. Trik lainnya bisa dengan menggunakan pengikat hanya saja harus melubangi body cover. Cara ini juga jitu dalam mengatasi suara yang timbul lantaran body cover cover bergetar.

Namun ada cara yang lebih ekstrim dalam mengatasi suara berisik pada body cover motor, dimana sering juga diterapkan bagi rekan-rekan yang berkunjung ke bengkel. Yaitu menggunakan lem super dengan ditambahkan busa...weleh, jitu memang tapi saat harus kerja ekstra saat ingin melepas part yang sudah disatukan dengan cara di lem tersebut.

Tapi untuk kasus sederhana, menggunakan double tape merupakan cara praktis yang layak dicoba pada tahap awal untuk menghilangkan suara berisik yang tidak sedap body cover motor... mendapatkannya juga gampang... lantaran banyak dijual di toko buku dan alat tulis mau pun ditempat aksesories mobil.

Sekian rekan-rekan... semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi kita bersama.