Cat Spider Seri Blue Purple ukuran 200 ml

Rekan-rekan... melanjutkan aktivitas bengkel di markas baru, rekan yang ingin mengecat  ulang Yamaha Mio Sporty nya ternyata sudah membelikan bahan cat dengan warna yang disukainya. Cat Spider Seri Blue Purple ukuran kecil 200 ml menjadi pilihan nya, yup... bahan cat otomotif yang sudah tidak asing lagi karena dibelinya di toko cat langganan bengkel juga.

Berdasarkan pengalaman selama menggunakan cat ini untuk sepeda motor, hasilnya cukup memuaskan. Tersedia dalam ukuran kecil  memberi keuntungan tersendiri karena bisa menekan biaya yang dikeluarkan dalam pengecatan ulang sepeda motor kesayangan. Trus... bagaimana cara menerapkannya agar bisa mendapatkan hasil akhir pengecatan yang baik? Berikut penjelasan beserta video nya, rekan-rekan...


Pada kemasan kaleng, pabrikan cat menyertakan petunjuk penggunaan dimana permukaan yang akan di cat hendaknya dipastikan bersih, bebas debu, tidak berminyak serta bebas dari kotoran lainnya. Untuk hasil akhir maksimal, dianjurkan untuk menggunakan Spider Epoxy Primer sebagai cat dasar. Hanya saja di toko cat langganan bengkel, jenis epoxy ini tidak tersedia... solusinya terpaksa menggunakan epoxy lain dimana hasilnya masih mumpuni dan bisa sebagai alternatif.

Cat Spider seri Blue Purple ukuran 200 ml sebaiknya diencerkan dengan thinner Spider PU dimana perbandingan nya 1:1 sampai 1:1,5 untuk aplikasi dengan spraygun. Maksudnya, cat yang masih kental diencerkan dengan thinner dalam volume yang sama, jika terasa masih terlalu kental bisa ditambahkan thinner sesuai kebutuhan. Biasanya dengan perbandingan 1 kaleng ukuran 200 ml diencerkan dengan thinner sebanyak 200 ml sampai 300 ml... sudah bisa untuk diaplikasikan dengan spraygun dengan baik.

Lagi-lagi... thinner Spider PU tidak tersedia di toko langganan bengkel, akhirnya terpaksa menggunakan thinner PU dengan merk berbeda dimana hasilnya masih bagus dan bisa digunakan sebagai thinner alternatif.

"Hasil akhir yang sebenarnya mungkin sangat tergantung pada hal teknis", begitu penjelasan yang bisa didapat pada petunjuk pada kemasan kaleng. Cat Spider ini kering sentuh dalam 20 sampai dengan 25 menit dan untuk lapisan berikutnya bisa dilakukan setelah 2,5 sampai 3 jam setelah pelapisan cat sebelumnya.

Untuk hasil akhir yang lebih baik, penambahan beberapa lapisan clear coat bisa diterapkan setelah lapisan cat Spider kering sempurna. Pengalaman yang pernah dilakukan dibengkel, hasil akhir pengecatan dengan clear coat murah sudah mumpuni untuk mendapatkan hasil akhir pengecatan yang baik... seperti body cover Suzuki Shogun yang juga menerapkan bahan cat Spider yang sama. Sebagai tambahan referensi, rekan-rekan bisa lihat video berikut.


Sekian rekan-rekan... semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi kita bersama. Ikuti terus MotorExpose... kita akan terus berbagi seputar aktivitas bengkel, pengecatan dan berbagai informasi menarik lainnya.