YAMAHA F1ZR AIRBRUSH MOTIF BENDERA START

Rekan-rekan... buka foto-foto lawas, ketemu dengan foto body set Yamaha F1ZR hasil garapan bengkel beberapa tahun yang lalu. Warna merah menjadi warna utama yang dipadukan dengan motif bendera start. Proses pengerjaan tetap sama seperti biasanya, seluruh body set diamplas sebelum dilapisi dengan epoxy filler sebagai cat dasar.


Setelah epoxy kering sempurna, body yang masih dalam kondisi baik tidak mendapat sentuhan dempul sama sekali... langsung dilapisi dengan cat putih solid untuk mendapatkan warna merah yang lebih baik. Isolasi kertas digunakan untuk membantu pembuatan motif bendera start dimana pengerjaan nya setelah lapisan cat putih sudah kering sempurna.
Tahap akhir setelah proses pengecatan dan airbrush selesai, seluruh body set Yamaha F1ZR dilapisi dengan clear coat untuk mendapatkan kilap yang lebih baik dan tahan gores. Proses pemasangan dilakukan setelah lapisan clear coat kering sempurna agar tidak bermasalah dalam pemasangan... yup, terkadang ada yang juga yang tergesa-gesa dan ingin segera memasang body motor yang baru selesai di cat ulang padahal clear coat masih dalam kondisi kering sentuh. Hal ini akan beresiko sekiranya kena air... lapisan clear coat akan cacat dan hasil akhir menjadi tidak sempurna.

Sekian rekan-rekan... meski pun Yamaha F1ZR ini merupakan hasil pengecatan beberapa tahun lalu, semoga bisa menjadi referensi kita bersama.