Alat stel jari-jari sepeda motor

Rekan-rekan... aksi bersih-bersih menjelang akhir tahun sudah menjadi tradisi di bengkel. Bukan untuk cuci gudang dan diskon harga, tapi untuk merapikan perkakas bengkel dan mendata kembali peralatan yang masih ada atau yang harus diperbaharui. Salah satu perkakas bengkel yang termasuk bangkotan dan berumur tapi masih tersimpan dalam kotak perkakas yaitu alat stel jari-jari sepeda motor, dimana memiliki sejarah dalam mendapatkannya.


Alat stel jari-jari sepeda motor ini merupakan pemberian dari paman sekitar tahun 2000. Yup, jika dirunut ulang... perkakas ini sudah diwariskan paman sebelum buka bengkel pada tahun 2002. Lantaran jarang digunakan, keberadaannya lebih sering bersemedi didalam kotak perkakas khusus untuk alat bengkel yang jarang dipakai.

Sekitar 15 tahun yang lalu, pamor velg jari-jari tidak seperti sekarang. Motor yang  menggunakan velg jari-jari dianggap kelas nya lebih rendah dibandingkan yang sudah menerapkan velg palang. Motor baru yang belum menggunakan velg palang yang identik saat itu dengan velg racing... berbondong-bondong melepas velg jari-jari. Beda dengan sekarang... pabrikan rata-rata sudah menerapkan velg palang, namun setelah motor berpindah ke tangan konsumen bakal segera diganti dengan model jari-jari.

Nah... belakangan sempat bingung juga mencari alat stel jari-jari yang sudah lama tidak digunakan. Siapa tahu ada gunanya untuk stel jari-jari sepeda motor rekan-rekan yang sering nongkrong ke bengkel apa bila mengalami persoalan seperti longgar mau pun patah... dengan alat sederhana ini pengerjaan bisa lebih mudah tentunya :)

Sekian rekan-rekan... semoga bisa menjadi referensi kita bersama, bagi yang buka bengkel tapi belum punya... ada baiknya memiliki alat stel jari-jari sepeda motor untuk melengkapi aneka perkakas bengkel yang sudah ada ^_^