Cara airbrush teromol dan pelek jari-jari

Rekan-rekan MotorExpose... kali ini orderan pengecatan dan airbrush teromol serta pelek jari-jari datang dari rekan yang sudah menjadi pelanggan bengkel selama ini. Beberapa persiapan pun dilakukan agar pengerjaan di bengkel baru bisa terlaksana dalam waktu yang diinginkan. Yup, berikut kita bahas cara airbrush teromol dan pelek jari-jari yang bakal diaplikasikan pada Yamaha Mio Sporty.



Pelek dan teromol datang dalam kondisi jari-jari masih terpasang sempurna, agar hasil pengecatan bisa lebih baik... jari-jari harus dilepas dengan cara dipotong. Untuk mempermudah pengerjaan, gerinda tangan langsung dipasangi mata gerinda untuk memotong, ukurannya lebih tipis sehingga mudah dalam memutus jari-jari. Agar lebih jelas... bisa dilihat pada gambar berikut.

Setelah jari-jari berhasil diputus, pelek dan teromol segera diampelas sebelum masuk ketahap pengecatan dengan memberi lapisan epoxy filler. Proses pengecatan dan airbrush dilanjutkan setelah epoxy filler kering sempurna. Lantaran waktu pengeringan lumayan lama... pengecatan dengan dasar putih dilakukan keesokan hari.

Tahap airbrush baru dilakukan setelah lapisan epoxy filler kering sempurna lalu dilapisi dengan cat putih sebagai dasar agar menghasilkan warna yang lebih  cerah. Proses airbrush berlangsung perlahan dan pasti... sampai motif yang diinginkan tercapai. Setelah semua kombinasi warna dirasa sudah pas... tahap akhir dengan pelapisan clear coat guna mendapatkan kilap yang lebih baik serta hasil pengecatan yang tahan lama.

Teromol dan pelek yang sudah selesai dilapisi dengan clear coat sebanyak 3 lapisan basah, disimpan ditempat yang aman agar terhindar dari debu dan kotoran yang bisa merusak hasil akhir pengecatan. Yup, semua lantaran proses pengecatan dan airbrush dilakukan dengan cara biasa tanpa menggunakan ruangan khusus apa lagi ruangan oven untuk pengeringan, hehe :)

Sekian rekan-rekan... semoga menginspirasi dan bisa menjadi referensi kita bersama :)