Contoh dempul yang kurang hardener

Rekan-rekan MotorExpose... sesuatu yang dipaksakan pada akhirnya akan berujung dengan duka, wkwkw... :) begitu juga halnya dalam mencampur epoxy dengan hardener agar bisa kering dan keras sempurna. Berikut ini contoh dempul yang kurang hardener, dari warnanya saja sudah ketahuan dan bisa dipastikan komposisi dempul dengan hardener tidak sesuai petunjuk yang dianjurkan.


Walah... ribet juga sepertinya, padahal hanya menambahkan hardener pada dempul dan mengaduknya sampai rata menggunakan kape dalam waktu pot life alias jeda waktu dimana dempul masih belum keras. Yup, biasanya jeda waktu setelah dempul diaduk dengan hardener... sekitar 5-7 menit tergantung suhu dan kelembaban saat kita menggunakannya. Tapi yang pasti, segera saja diaplikasikan pada bagian yang ingin didempul .

Trus, berapa perbandingan antara dempul dengan hardener agar campuran bisa kering dan keras sempurna? jika kita mengikuti petunjuk pabrikan melalui keterangan pada kemasannya, perbandingan dempul dengan hardener yaitu 100:2 menurut berat. Jadi... jika kemasan kaleng kecil dengan berat bersih 250 gram butuh 2,5 gram hardener untuk bisa bekerja dengan baik. Hmmm... bagaimana cara mengukurnya?

Penerapannya sebenarnya tidak serumit itu, bisa saja menggunakan felling alias perasaan atau tebak-tebak... tapi nggak ada hadiahnya, haha :) Jika warna hardener nya kuning, maka adonan yang tepat jika dempul sudah berwarna kuning... tapi tidak terlalu pekat. Jika saat penambahan hardener warna kuning masih terlihat pucat, segera tambahkan hardener sampai dirasa cukup.

Jika kebablasan dalam menambahkan hardener, dempul akan sangat cepat mengering dan tidak bisa digunakan lagi. Sebaliknya... jika terlalu kurang, sampai besok harinya pun tidak akan kering, wkwkw :) Jadi kesimpulannya, harus sesuai dengan petunjuk seperti yang sudah kita bahas.

Sedikit catatan, dempul yang sudah ditambahkan hardener... jika berlebih, jangan pernah dimasukkan kembali kedalam kemasan nya yang berupa kaleng sebab bisa merusak dempul yang ada. Dan segera cuci peralatan kerja yaitu kape dengan thinner agar sisa dempul yang menempel tidak menumpuk dan peralatan kerja tetap bersih.

Sekian rekan-rekan, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi kita bersama.