Ngecat CVT pake Pilox

Rekan-rekan... terdengar sedikit aneh, ngecat CVT pake Pilox... maksudnya apa? Begini, berbagi pengalaman kali ini berkenaan dengan rekan kita yang ingin mengecat sendiri bak CVT dengan menggunakan cat semprot kaleng lantaran tidak memiliki kompresor dan spray gun, lantaran merk cat semprot yang digunakan adalah Pilox maka sering kali disebut "memilox", hehe... apa bisa ?


Tentu saja bisa, lha... cat sempot yang dikemas dalam bentuk kaleng memang siap pakai alias bisa langsung diterapkan. Dengan mengguncang kaleng selama beberapa menit agar cat teraduk rata, setelah itu cat sudah bisa diaplikasikan untuk mewarnai CVT sesuai dengan keinginan.

Tapi jangan tergesa-gesa, rekan-rekan... persiapan terhadap media yang akan di cat tetap harus dilakukan. Bak CVT tetap diamplas agar dan dipastikan terbebas dari debu dan minyak yang bisa merusak hasil pengecatan. Kali ini mumpung cover CVT belum pernah di cat ulang, tahap melapisi dengan epoxy filler bisa dilewati saja... langsung dicat dengan warna putih sebagai dasar agar warna yang dihasilkan lebih terang.

Memangnya cat semprot ada epoxy filler nya? sekarang sudah ada... cat semprot kaleng sudah tersedia dari epoxy sampai clear coat, jadi sudah komplit dan mudah diterapkan. Untuk hasil yang lebih bagus, sebaiknya menggunakan merk yang sama... tapi jika tidak tersedia, lintas merk pun masih bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

Lanjut ke pengecatan warna, beberapa kaleng cat semprot disediakan sesuai keinginan si empunya CVT. Kuning stabilo, orange stabilo dan pink stabilo dikombinasikan dan mengahasilkan warna cerah yang ngejreng. Lantaran di bengkel terdapat sisa cat yang masih bisa digunakan... penambahan bercak-bercak dengan pola tidak beraturan dilakukan sendiri oleh pemilik CVT.

Tahap melapisi dengan clear coat dilakukan setelah hasil pengecatan kering sempurna, dan hasil kilap yang didapat lumayan membuat si empunya CVT senyum-senyum sendiri lantaran puas dengan karya sendiri :)

Sedikit catatan dari pertanyaan si empunya CVT, apakah nanti bisa di cat ulang dengan cat duco? apakah tidak bermasalah? Yup, jika khawatir cat semprot tidak senyawa dengan cat duco sehingga menimbulkan masalah jika di cat ulang nantinya... rontokkan saja cat yang ada pada cover CVT menggunakan paint remover sampai bersih. Hal ini bisa dilakukan lantaran media yang digunakan adalah logam. Tapi untuk media plastik atau cover body motor... terpaksa diamplas dan pengerjaannya  sedikit lebih repot. Jadi sebaiknya terapkan pada media logam dari pada untuk body cover motor, dari pada bermasalah saat di cat ulang lagi :)

Sekian rekan-rekan... semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi kita bersama.