Pengecatan ulang Yamaha Jupiter MX kombinasi merah putih

Rekan-rekan... kilas balik hasil pengecatan beberapa tahun yang lalu, kebetulan ketemu foto lama yang sempat tidak tahu rimba nya lantaran flashdisk media penyimpanan dokumentasi hasil pengecatan bengkel tersimpan ditempat yang jarang disentuh. Jadi dari pada hilang dan tidak berbekas, lebih baik kita bagikan... siapa tahu bisa menjadi referensi bersama.


Yamaha Jupiter MX dengan kombinasi merah putih, menggunakan bahan cat merah metalik dan putih solid untuk mengganti cat lama yang sudah mulai kusam. Penambahan garis-garis halus di beberapa bagian sengaja diberikan harapannya bisa menambah nilai dibandingkan hanya perpaduan dua warna saja.

Meski body cover yang di cat ulang masih tergolong baik dan bisa langsung dilapisi dengan cat putih, tapi tahap pelapisan dengan epoxy filler tetap dilakukan agar hasil akhir pengecatan bisa lebih baik. Cat putih solid dilebur ke seluruh body cover Yamaha Jupiter MX sebanyak 2 lapisan tipis dengan jeda waktu lebih kurang 10 menit. Tujuannya agar bagian yang nantinya telihat putih, benar-benar dalam keadaan yang semestinya. Lha... bikin bingung :)

Maksudnya... beda jika kita mengecat putih sebagai dasar untuk mendapatkan warna yang lebih cerah, biasanya cat putih hanya diberikan satu kali lapisan tipis sekedar menghilangkan warna apoxy filler yang abu-abu. Jadi cat putih yang disemprotkan tidak sebaik menggunakan cara dua kali lapisan cat putih tipis-tipis. Kali ini lantaran cat putih bakal jadi warna utama juga, makanya penerapan sedikit beda agar hasilnya lebih baik.

Cat merah metalik ditambahkan pada bagian tertentu tanpa bantuan alat pemisah, maksudnya dengan teknik free hand alias tangan bebas plus perasaan asal jangan belepotan, hehe... :) tapi masih tetap mengutamakan keseimbangan antara sisi kiri dan kanan body cover. Jadi pengerjaan yang mudah tidak bisa asal dikerjakan agar hasilnya seimbang.

Untuk mendapatkan garis-garis halus, sebelumnya isolasi kertas yang sudah dipotong kecil dengan lebar 2 mm dipasang sebelum cat merah metalik di semprotkan. Penambahan dengan warna coklat metalik dilakukan setelah cat merah metalik kering dan hanya diberikan pada bagian yang dipasang isolasi kertas. Setalah kering sempurna, isolasi kertas dilepas dan body cover Yamaha Jupiter MX... siap untuk dilapisi dengan clear coat untuk hasil akhir yang lebih baik.

Sekian rekan-rekan... semoga bisa menjadi referensi kita bersama :)