Sekilas tentang combi brake system matik Honda

Rekan-rekan Motor Expose... sekedar melengkapi pembahasan kita tentang seluk sepeda motor, kali ini kita kupas sekilas tentang combi brake system yang terdapat pada motor matik pabrikan Honda. Meski bukan hal baru lagi, kebetulan aktivitas rekondisi Honda Vario 125 CBS milik konsumen yang sedang perawatan cat di bengkel... menunggu cat kering, yuk kita ngopi bareng sambil melanjutkan cerita.


Stiker yang terdapat pada body cover menjelaskan sekilas prinsip kerja combi brake, dimana saat tuas rem kiri yang sejatinya untuk menghentikan laju motor lewat roda belakang... sekarang bisa bekerja secara ganda membuat rem depan turut berfungsi secara bersamaan.

Namun hal ini tidak berlaku saat tuas rem depan ditarik, hanya roda depan yang melakukan pengereman sementara roda belakang tidak terpengaruh. Nah, anjuran untuk efektifitas rem maksimal... tuas rem atau handle rem depan dan belakang digunakan secara bersamaan.

Pengalaman saat menggunakan, tuas rem belakang terasa agak berat saat ditarik apa bila tidak dibantu dengan menarik tuas rem depan. Tapi saat keduanya serentak digunakan, pengeraman terasa sangat mantap untuk menghentikan laju motor.

Bagi yang sudah terbiasa dengan combi brake system seperti yang ditemui pada motor matik Honda, perasaan aneh saat melakukan pengereman mungkin tidak akan dirasakan. Namun bagi yang belum terbiasa apa lagi bagi pengguna motor bebek atau sport dimana kaki menjadi pengendali rem belakang, sedikit penyesuaian rasa bakal ditemui saat menggunakan combi brake system.

Walah... segitu aja kok repot, hehe (^_^) sekian dulu rekan-rekan, semoga bisa menjadi referensi kita bersama.